Duta Besar Indonesia untuk Jerman Arif Havas Oegroseno

Masyarakat Bali Rayakan Galungan di Pura Garten Der Welt

Klik untuk perbesar
Dubes Arif Havas Oegroseno (tengah) bersama umat yang merayakan Hari Raya Galungan. (Foto KBRI Berlin)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Ritual Hari Raya Galungan tidak hanya dirayakan di Bali. Masyarakat Indonesia yang tinggal di Jerman juga melakukan ritual sembahyang lengkap dengan baju adat Bali.

Upacara Galungan di Berlin digelar di Pura Tri Hita Karana yang terletak di dalam taman terbesar di Berlin, Garten der Welt. Kawasan Pura dikenal sebagai Taman Bali. Suasananya terasa seperti di Bali. Pura ini sengaja dirancang persis dengan atmosfir Pulau Dewata, mulai dari suasana hingga ornamen sekitar. Selain itu, pura ini juga dibangun di dalam rumah kaca sehingga menghadirkan suhu dan iklim sama seperti di Bali.

Baca Juga : Airlangga: Saya Hadir Di Sini Karena Didukung Pemegang Suara

Saat upacara, banyak pengunjung taman yang merupakan orang asing ikut menyaksikan prosesi sembahyang. “Pura ini bisa menjadi salah satu objek promosi wisata Indonesia kepada masyarakat Jerman,” kata Duta Besar Indo- nesia untuk Jerman Arif Havas Oegroseno, dalam keterangan resminya, Rabu (24/7).

Meski masyarakat Bali tergolong sedikit di Berlin, namun khusuknya Hari Raya Galungan tetap terasa. Sejumlah kegiatan terkait dengan Bali dan Hindu kerap digelar di pura tersebut. “Saya senang rasa kekeluargaan begitu terasa dalam upacara Hari Raya Galungan. Saya ucapkan selamat merayakan bagi saudara kami semua,” sambung Dubes Havas.

Baca Juga : Airlangga: Proses Pemilihan Ketum Golkar Demokratis

Di samping itu, Taman Bali ini merupakan supervisi pemerintah kota Berlin yang dalam pengembangannya juga mendapat bantuan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam kerangka sister city dengan Berlin.[DAY]