Kuliner Nusantara dan Angklung Meriahkan Peringatan HUT RI Ke-74 di Helsinki

Duta Besar RI untuk Finlandia dan Estonia, Wiwiek Setyawati Firman (kiri) menjadi Pembina Upacara dalam Upacara Peringatan HUT RI ke-74 di KBRI Helsinki, Finlandia, Sabtu (17/8). (Foto: KBRI Helsinki)
Klik untuk perbesar
Duta Besar RI untuk Finlandia dan Estonia, Wiwiek Setyawati Firman (kiri) menjadi Pembina Upacara dalam Upacara Peringatan HUT RI ke-74 di KBRI Helsinki, Finlandia, Sabtu (17/8). (Foto: KBRI Helsinki)

RMco.id  Rakyat Merdeka - HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, selalu menjadi hari yang dinantikan oleh masyarakat Indonesia di Finlandia dan Estonia. Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Helsinki menggelar Upacara Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74 di Helsinki, Finlandia, Sabtu (17/8), dipimpin Duta Besar (Dubes) RI untuk Finlandia dan Estonia, Wiwiek Setyawati Firman sebagai pembina upacara.

Acara yang berlangsung khidmat ini dihadiri oleh masyarakat dan diaspora Indonesia, Friends of Indonesia, dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Bogor. Upacara diakhiri dengan pemberian tumpeng oleh Dubes Wiwiek Setyawati Firman kepada Ketua Diaspora Indonesia Finlandia Estonia (DIFE), Lucia SR Indren sebagai rasa syukur atas berkah kemerdekaan Indonesia.

Perayaan HUT RI dilanjutkan dengan acara Bazar dan Pesta Rakyat 2019 yang menyuguhkan berbagai kuliner, produk unggulan, dan seni budaya Indonesia.

Baca Juga : Airlangga Beri Kuliah Umum di Seskoal

IDI Kota Bogor berhasil memukau penonton dengan persembahan permainan alat musik angklung, yang membawakan lagu-lagu nasional dan pop. Sajian tarian tradisional seperti Legong Bapang, Pendet, Joged Bumbung, Poco-poco, dan lagu-lagu daerah menambah semarak Pesta Rakyat kali ini.

Berikut videonya:

Tak hanya itu, para pengunjung juga menikmati berbagai makanan dan minuman serta kerajinan tradisional. Penganan nusantara seperti sate kambing, sate ayam, nasi rames, pempek, batagor, jajan pasar, es cendol, dan berbagai sajian khas lainnya seakan menjadi obat rindu masyarakat Indonesia di tanah rantau.

Baca Juga : Sejumlah Wilayah Di Indonesia Rentan Rawan Pangan

Bazar HUT RI ini juga menjadi ajang promosi bagi produk Indonesia, oleh para diaspora yang bermukim di Finlandia dan Estonia. Selain menjual berbagai produk asal Indonesia, Indonesian Market yang menjadi pelopor toko Indonesia di Finlandia juga telah berhasil membuat dan menjual produknya dengan merk Greenjava berupa produk tempe, sambal, kecap manis, dan bumbu jadi, yang diproduksi di Finlandia.

Pada acara Bazar tahun ini, juga diperkenalkan usaha “Bali Spa: Wellness and Massage” yang merupakan usaha terapi dan pijat tradisional Bali pertama di Estonia.

Acara Pesta Rakyat juga dilengkapi dengan pembagian berbagai hadiah jalan santai keluarga, dan perlombaan khas HUT RI, yang sebelumnya telah diselenggarakan pada 3 Agustus 2019 dalam rangkaian peringatan kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga : Di Rapat Paripurna Istimewa DPRD, Walkot Tangerang Paparkan Capaian dan Evaluasi Kerja

Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia di luar negeri, merupakan kegiatan penting yang senantiasa mempererat rasa persaudaraan sebangsa se-Tanah Air dan meningkatkan rasa cinta kepada Ibu Pertiwi. [HES]