Kejar Apple Dan Google

Facebook Luncurkan Facebook Pay

Inilah tampilan aplikasi pembayaran Facebook Pay yang diliris Facebook.  Foto: The Verge
Klik untuk perbesar
Inilah tampilan aplikasi pembayaran Facebook Pay yang diliris Facebook. Foto: The Verge

RMco.id  Rakyat Merdeka - Aplikasi sosial media Facebook meluncurkan layanan sistem pembayaran online, Facebook Pay, Selasa (12/11).

Selain di Facebook, layanan pembayaran daring ini akan bisa digunakan sebagai alat bertransaksi di aplikasi sosial media lain yang dimiliki perusahaan Mark Zukerberg ini. Antara lain Messengger, Instagram dan WhatsApp.

Baca Juga : Jakarta Diminta Nyontek Singapura dan Tokyo

Para pengguna aplikasi Facebook Pay bisa merasakan kemudahan mengirim uang, berdonasi hingga berbelanja di portal sosial media milik Facebook, paling cepat akhir pekan ini. Namun, sementara baru pengguna di Amerika Serikat saja yang bisa mengakses layanan ini

"Seiring berjalannya waktu, kami akan melebarkan jangkauan layanan pembayaran online. Nantinya juga pengguna bisa melakukan transaksi antar aplikasi," terang Wakil Presiden Facebook bagian Marketplace & Commerce Deborah Liu dikutip The Verge.

Baca Juga : Semoga Virus Corona Nggak Nyebar Via Transportasi Publik

Langkah Facebook ini mengikuti jejak Apple yang telah meluncurkan Apple Pay dan Google dengan Google Wallet.

Namun, alat pembayaran ini tidak seperti dompet elektronik yang menyimpan uang dalam platform mereka. Facebook Pay hanya bisa digunakan ketika dihubungkan dengan rekening bank atau kartu kredit. 
Sehingga pembayaran akan langsung dikenakan pada tabungan atau kartu kredit pengguna. Karena itu, Facebook Pay tidak mengenakan biaya apapun. 

Baca Juga : Menpora Dukung Yayasan Moestopo Gelar Kejuaraan Tinju Nasional

Sebelumnya, Facebook telah memiliki layanan pembayaran yang disebut Payment di Messenger. Cara kerja alat bayar ini serupa dengan Facebook Pay. Tapi, Payment masih belum terhubung dengan sebagian besar penyedia kartu kredit.

Untuk memproses pembayaran, Facebook bekerja sama dengan sejumlah bank seperti PayPal, dan Stripe.
Kendati demikian, Liu belum bisa memastikan kapan Facebook Pay akan diluncurkan secara global. [DAY]