RMco.id  Rakyat Merdeka - Para santri dan santriwati Indonesia mendapat kesempatan menuntut ilmu ke China. Negeri tirai bamboo tersebut menyediakan baesiswa bagi santri dan santriwati yang ingin belajar di sana.

Tawaran beasiswa itu disampaikan Deputi Direktur Jenderal Urusan Asia Kementerian Luar Negeri China, Yun Si, saat menerima delegasi santri yang mengikuti program 'Santri Untuk Perdamaian Dunia' di Gedung Kementerian Luar Negeri China, Rabu (27/11). 

Baca Juga : Darmadi Dorong BUMN Perkuat UMKM, Koperasi dan Swasta

"Pemerintah China siap memberikan beragam beasiswa kepada mahasiswa Indonesia. Khususnya para santri berprestasi yang ingin memperdalam ilmu pengetahuan dan teknologi di China," lanjutnya. Yun Si mengatakan, program beasiswa santri Indonesia ke China dapat berkontribusi positif untuk masa depan Indonesia dan berperan aktif dalam perdamaian dunia serta menjadi pemimpin di masa depan.

Ini bukan tawaran pertama yang diberikan China ke santri Indonesia. Sebelumnya, Duta Besar China untuk Indonesia, Xiao Qian, juga mengabarkan mengenai tawaran beasiswa dari negaranya untuk para cendikiawan muslim Indonesia.

Baca Juga : Terawan Beri Insentif Rp 82 Juta ke Dokter PPDS yang Bantu Tangani Covid-19

"Karena Indonesia memiliki jumlah Muslim terbesar di Asia, alangkah baiknya jika santri Indonesia berbagi pengalaman hidup toleransi antarumat beragama. Mereka juga bisa menggali berbagai ilmu di China," terang Dubes Xiao saat berkunjung ke Kantor Pusat Muhammadiyah.

Selain memberikan tawaran beasiswa kuliah, dalam sesi dialog dan diskusi dengan para santri, Kemlu China juga merekomendasikan dan siap memfasilitasi kunjungan langsung ke Xinjiang, daerah dengan penduduk mayoritas Islam di China. Pemerintah China menawarkan kunjungan ke Xinjiang bagi para santri Indonesia untuk melihat dan mengamati secara langsung kehidupan umat Muslim di sana, dan berharap para santri dapat menyampaikan kepada dunia luar secara objektif mengenai kehidupan Muslim di Xinjiang. [DAY]