Dubes Al Busyra Basnur, Terima Penghargaan Dari Ethiopia

Dubes Al Busyra Basnur (tengah) saat menerima penghargaan dari pemerintah Ethiopia, dalam suatu acara khusus di KBRI Addis Ababa, Jumat (13/12) malam. (Foto: KBRI Addis Ababa)
Klik untuk perbesar
Dubes Al Busyra Basnur (tengah) saat menerima penghargaan dari pemerintah Ethiopia, dalam suatu acara khusus di KBRI Addis Ababa, Jumat (13/12) malam. (Foto: KBRI Addis Ababa)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) RI untuk Ethiopia, Djibouti, dan Uni Afrika Al Busyra Basnur menerima penghargaan yang diserahkan langsung oleh Menteri Negara Kebudayaan Ethiopia, Bizunesh Meseret, dalam suatu acara khusus di KBRI Addis Ababa, Jumat (13/12) malam.

Acara itu dihadiri lebih dari 200 orang, antara lain Dawit Yirga (Direktur Jenderal Asia dan Oceania, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Ethiopia), Menbere Dessir (Direktur Asia Tenggara Kemlu Ethiopia), Prof. Dr. Phil. M. Nur Kholis Setiawan (Sekjen Kementerian Agama RI yang sedang bertugas di Addis Ababa), pimpinan dan pengurus Ethiopia Youth Federation, serta pimpinan organisasi pemuda Ethiopia lainnya.

 

Suasana acara pemberian penghargaan untuk Dubes Al Busyra Basnur di KBRI Addis Ababa. (Foto: KBRI Addis Ababa)

Berita Terkait : Dubes Al Busyra Imbau WNI di Ethiopia Waspadai Virus Corona

Penghargaan tersebut diberikan karena Duta Besar Al Busyra dinilai sangat aktif memajukan hubungan dan kerja sama antar pemuda Ethiopia dan Indonesia di berbagai bidang.

“Al Busyra Basnur adalah dubes asing pertama di Ethiopia yang berhasil dengan baik membangun hubungan kerja sama antar pemuda Ethiopia dan Indonesia di bidang sosial, budaya dan ekonomi,” kata Bizunesh, saat menyampaikan penghargaan.

Menurutnya, pemberian penghargaan kepada Dubes Al Busyra merupakan bagian dari perayaan keberhasilan Perdana Menteri (PM) Ethiopia, Abiy Ahmed meraih Hadiah Nobel pada 10 Desember 2019.

Berita Terkait : Duta Besar RI Addis Ababa Terima Penghargaan Dari Pemuda Ethiopia

PM Abiy Ahmed tiba kembali di Addis Ababa tanggal 12 Desember 2019, dan disambut sangat meriah oleh rakyat Ethiopia.

Terkait hal ini, Dubes Al Busyra mengatakan bahwa penghargaan tersebut merupakan prestasi keluarga besar KBRI Addis Ababa, dan pengakuan terhadap peran Indonesia dalam memajukan kerja sama antar pemuda Ethiopia dan Indonesia.

“Penghargaan ini mendorong kami untuk bekerja lebih kuat dan nyata, bagi kebaikan dan kemajuan bangsa kedua negara, khususnya pemuda,” kata Dubes Al Busyra.

Baca Juga : Ini Alasan Persija Lakukan Skorsing Terhadap Sandi Sute

Sejak menjabat sebagai Dubes di Addis Ababa pada pertengahan Maret 2019, Al Busyra Basnur yang juga diakreditasi ke negara Djibouti dan Uni Afrika, banyak melakukan inisiatif baru yang mendorong peningkatan kerja sama bilateral antar pemuda, khususnya di bidang ekonomi, sosial dan budaya. [HES]