Atraksi Budaya Indonesia Meriahkan Matka Nordic Travel Fair 2019

Dubes Indonesia untuk Finlandia, Wiwiek Setyawati Firman (tengah, berselendang) turut menyimak paparan Mahesh Paliyath selaku perwakilan Qatar Airways Finlandia, yang mempromosikan sejumlah opsi penerbangan dengan harga kompetitif. (Foto: KBRI Helsinki)
Klik untuk perbesar
Dubes Indonesia untuk Finlandia, Wiwiek Setyawati Firman (tengah, berselendang) turut menyimak paparan Mahesh Paliyath selaku perwakilan Qatar Airways Finlandia, yang mempromosikan sejumlah opsi penerbangan dengan harga kompetitif. (Foto: KBRI Helsinki)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Indonesia kembali berpartisipasi dalam Matka Nordic Travel Fair di Messukeskus Convention and Exhibition Center, Helsinki, 17 - 20 Januari 2019. Partisipasi Indonesia dilakukan secara bersama oleh KBRI Helsinki, Kementerian Pariwisata, serta Pemprov Daerah Istimewa Yogyakarta dan Kalimantan Selatan.

Sebanyak 10 tour operator/resort hotel Indonesia turut berpartisipasi dalam pameran tersebut, dengan menjual berbagai macam paket wisata Indonesia. Paviliun Wonderful Indonesia menampilkan Indonesia sebagai negara kepulauan beriklim tropis yang menawarkan destinasi alam, budaya, serta keramahtamahan masyarakat Indonesia kepada wisman Nordik, dengan Kapal Phinisi dan Candi Borobudur sebagai focal point paviliun.

Selain mempromosikan pariwisata Indonesia, partisipasi Indonesia pada Matka 2019 juga menampilkan berbagai macam budaya Indonesia dan kopi, serta jamu khas Indonesia.

Kehadiran Indonesia dalam Matka 2019 diperkuat dengan penampilan budaya Indonesia di panggung utama Inspiration Stage, yang berhasil memukau para pengunjung. Atraksi budaya di paviliun Wonderful Indonesia dan DI Yogyakarta, serta maskot Bekantan dari Kalimantan Selatan, selalu disambut antusiasme luar biasa dari para pengunjung.

Berita Terkait : KBRI Promosi Budaya Indonesia di Sekolah Kamboja

Kopi khas Indonesia yang dibuat oleh barista dan jamu yang dibuat mixologist Indonesia, menambah ketertarikan pengunjung untuk mendatangi paviliun Indonesia di Matka 2019.

Dalam Matka 2019, KBRI Helsinki juga mengadakan resepsi yang dibuka oleh Duta Besar Indonesia di Helsinki, Wiwiek Setyawati Firman dan Gubernur DI Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Resepsi tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat penting Pemerintah Finlandia, tour operator ternama di Finlandia dan Estonia, Pacific Asia Travel Association (PATA) Finlandia, serta beberapa pengusaha kopi (roaster) Finlandia.

Dalam kesempatan tersebut, Mahesh Paliyath selaku perwakilan Qatar Airways Finlandia, mempromosikan sejumlah opsi penerbangan yang nyaman, dengan harga kompetitif yang dioperasikan Qatar dari Finlandia dan negara Nordik lainnya, menuju Indonesia. 

Berita Terkait : Ini Kata Ketum PSSI Soal Timnas Indonesia Dikalahkan Persita 1-4

DI Yogyakarta untuk pertama kalinya turut berpartisipasi dalam Matka Nordic Travel Fair, dengan membuka paviliun tersendiri. Dalam kegiatan tersebut, Pemprov DI Yogyakarta yang dipimpin Gubernur DI Yogyakarta Hamengku Buwono X, terdiri dari pelaku industri pariwisata, tim kesenian, Kamar Dagang dan Industri (KADIN), dan Badan Promosi Pariwisata, dengan menghadirkan paket wisata dan produk DI Yogyakarta.

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) DI Yogyakarta berkesempatan memaparkan mengenai Bandara Internasional Yogyakarta yang akan dibuka April mendatang. Dari bandara tersebut, akan ada direct flight dengan akses penerbangan international dari banyak negara ke Yogyakarta. Termasuk, Eropa.

Dalam pertunjukan di panggung utama Inspiration Stage, tim kesenian DI Yogyakarta menampilkan Sendratari Arjuna Wirajaya, yang berhasil memukau dan mendapatkan standing ovation dari para pengunjung Matka Nordic Travel Fair 2019.

Sebagai upaya memperkenalkan ecotourism sebagai destinasi wisata andalan Kalimantan Selatan, KBRI Helsinki bekerja sama dengan Pemprov Kalimantan Selatan, melakukan promosi paket wisata ecotourism di paviliun Indonesia.  Diiringi dengan penampilan tari-tarian khas Kalimantan Selatan. Antara lain tari Radap Rahayu, Japin Sigam, dan alat musik tradisional Sape.

Baca Juga : Warga Tak Perlu Khawatir, Naik MRT Insya Allah Aman

Untuk kedua kalinya, KBRI Helsinki menggandeng Ketua Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) Jawa Tengah, Sugeng Waskito, yang juga desainer Gee Batik Yogyakarta. Selama 2 (dua) hari berturut-turut,  APPMI Jawa Tengah turut mengisi panggung utama Inspiration Stage Matka 2019, dengan menampilkan peragaan busana batik yang terbuat dari bahan-bahan sutra berkualitas tinggi dengan berbagai motif tradisional Indonesia.

Selain itu, juga ada pertunjukan kolaborasi beberapa tarian. Antara lain, tari Pendet dari Bali dan tarian dari Kalimantan Selatan yaitu Baksa Kembang, Mohing Asang, Bagalang Tandik, serta Paris Barantai. [HES]