Menlu Korea Utara Ri Yong Ho Dicopot

Ri Yong Ho, dikabarkan telah dipecat dari jabatannya sebagai Menteri Luar Negeri Korea Utara. (Foto: Instagram)
Klik untuk perbesar
Ri Yong Ho, dikabarkan telah dipecat dari jabatannya sebagai Menteri Luar Negeri Korea Utara. (Foto: Instagram)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Menteri Luar Negeri Korea Utara Ri Yong Ho dilaporkan telah dipecat. Pyongyang bahkan dikabarkan telah menyiapkan penggantinya pada Kamis (23/7) pekan depan. Namun, alasan di balik pencopotan Ri dari jabatannya, masih belum jelas.

Demikian informasi dari sumber rahasia, seperti dikutip NK News yang berbasis di Seoul, Sabtu (18/1).

Berita Terkait : Menlu: Tiga WNI Kru Kapal Pesiar Diamond Princess Positif Corona

Kementerian Unifikasi Korea Selatan, yang bertanggung jawab terhadap masalah Korea Utara mengatakan, perubahan apa pun yang menyangkut status Ri harus diuji secara hati-hati.

Ri yang lahir pada tahun 1956, adalah putra mantan Deputi Direktur Departemen Organisasi dan Bimbingan (OGD), lembaga bayangan Partai Buruh yang mengawasi penunjukan posisi manajemen di negara tersebut.

Berita Terkait : Per 5 Februari, Pemerintah Larangan Penerbangan dari dan ke China

Selain itu, ayah Ri juga seorang editor di Kantor Berita Pusat Korea (KCNA), media pemerintah yang menerbitkan sejumlah pernyataan propaganda Pyongyang.

Ri yang fasih berbahasa Inggris dan merupakan alumni Universitas Bahasa Asing bergengsi di Pyongyang, telah bertahun-tahun menduduki sejumlah posisi penting, yang berhubungan dengan Barat.

Baca Juga : Airlangga Beri Kuliah Umum di Seskoal

Pada periode 2003-2007, Ri menjabat Duta Besar Korea di London dan menjadi Wakil Menteri Luar Negeri, mewakili Korea Utara dalam perundingan enam negara, terkait program nuklir Korea Utara.

September 2019, Ri tidak menghadiri pertemuan tahunan pemimpin dunia di Markas Besar PBB. Sebelumnya, dalam periode 2016-2018, Ri tak pernah absen menghadiri pertemuan tingkat tinggi di New York selama tiga tahun. [HES]