Gempa M6.8 Guncang Elazig, Turki, 3 WNI Selamat

Gempa bermagnitudo M6.8 yang mengguncang Elazig, Turki, Jumat (24/1) malam waktu setempat menghancurkan bangunan di sekitar pusat gempa. (Foto: Twitter)
Klik untuk perbesar
Gempa bermagnitudo M6.8 yang mengguncang Elazig, Turki, Jumat (24/1) malam waktu setempat menghancurkan bangunan di sekitar pusat gempa. (Foto: Twitter)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Gempa bermagnitudo 6,8 mengguncang wilayah Elazig, yang terletak di wilayah Timur Turki pada Jumat (24/1) malam waktu setempat. Dekat perbatasan Armenia, Irak, Suriah dan Iran.

Gempa berkedalaman 6,7 km dan berdurasi 15 detik itu menghancurkan sebagian gedung di sekitar pusat gempa.

Berita Terkait : Gempa Bermagnitudo 4,8 Guncang Kobisonta, Maluku Tengah

Otoritas Bencana Turki (AFAD) menyebutkan, gempa tersebut menyebabkan 18 orang meninggal dunia, dan 553 korban luka-luka.

Melalui Anggota Satgas Perlindungan WNI yang ada sekitar area gempa, KBRI Ankara melaporkan, di wilayah itu terdapat tiga WNI. Satu orang berstatus mahasiswa, dua lainnya menikah dengan warga setempat.

Berita Terkait : Pasca Gempa M4,9 Guncang Garut, Tembok Penahan Tebing Roboh

"Kami telah berhasil mengontak salah satu dari mereka. Diperoleh informasi, ketiganya dalam kondisi selamat," demikian bunyi pernyataan KBRI Ankara, dalam keterangan tertulis yang diterima RMco.id, Sabtu (25/1).

"Kami terus memantau perkembangan, dan berkoordinasi dengan otoritas terkait setempat," imbuhnya.

Berita Terkait : Gempa M5,0 Guncang Jember, Tak Berpotensi Tsunami

KBRI Ankara memperkirakan, sedikitnya 3.300 WNI berada di Turki. Sebagian besar adalah mahasiswa atau pelajar, dan SPA Therapist yang bekerja di industri pariwisata Turki.

Dalam kondisi darurat, WNI di Turki dapat menghubungi Hotline KBRI Ankara +90 532 135 22 98. [DAY]