Waspada, 12 Negara Ini Telah Terjangkit Virus Korona

Foto: Istimewa
Klik untuk perbesar
Foto: Istimewa

RMco.id  Rakyat Merdeka - Sejak menyebar pada akhir Desember 2019 dari Kota Wuhan, China, new coronavirus atau virus Korona jenis baru telah menjangkiti 1.345 orang dan merenggut 41 nyawa di China Daratan.

Sampai hari ini, 12 negara telah mengonfirmasi kasus tersebut. Dengan total penderita 37 orang. Namun, belum dilaporkan adanya kasus kematian di luar China Daratan.

Inilah daftar negara, yang telah terjangkit virus Korona:

1. China. Berdasarkan data yang dirilis pemerintah lokal setempat pada Sabtu (25/1), tercatat 1.345 kasus virus Korona di negara pimpinan Xi Jinping.

Kasus terbanyak dengan jumlah 729 penderita, ada di Provinsi Hubei, yang merupakan pusat penyebaran virus tersebut.

Wabah ini mengakibatkan 41 orang meninggal dunia, dengan rincian 39 berstatus warga Hubei, 1 warga Hebei, dan 1 warga Heilongjiang.

Pasien virus Korona termuda di negara ini adalah bocah perempuan berusia 2 tahun, yang bepergian dari Wuhan ke Hechi, Guangxi, 22 Januari 2020.

Berita Terkait : 188 WNI Dari KRI dr Suharso-990 Mulai Jalani Tahapan Observasi

Sementara di Hong Kong, terkonfirmasi lima kasus virus Korona, dan Macau dua kasus.

2. Taiwan. Hingga saat ini, Taiwan mencatat tiga kasus virus Korona jenis baru. Untuk menyetop penyebaran virus tersebut, Taiwan melarang warganya bepergian ke Hubei atau Wuhan.

Mereka juga tidak menerima kedatangan apa pun dari Wuhan. Setiap penumpang yang datang dari Hong Kong atau Makau, wajib mengisi formulir kesehatan saat mendarat.

3. Malaysia. Hari ini, negara pimpinan PM Mahathir Mohammad mengonfirmasi tiga kasus infeksi coronavirus jenis baru.

Menteri Kesehatan Dzulkefly Ahmad mengatakan, mereka yang terinfeksi adalah warga negara China. Salah satu yang terinfeksi adalah wanita berusia 65 tahun, yang merupakan istri pria yang sebelumnya terdeteksi virus di Singapura. Serta dua cucu mereka, yang masing-masing berusia 11 tahun dan 2 tahun.

4. Australia. Ada empat kasus virus Wuhan yang mengimbas ke negara pimpinan PM Scott Morrison. Satu di Melbourne, dan tiga lainnya di New South Wales.

Dalam kasus di Melbourne, korbannya adalah seorang pria berkebangsaan China berusia 50-an tahun, yang dilaporkan tiba dari Guangzhou pada 19 Januari 2020.

Berita Terkait : Wakil Presiden Iran Masoumeh Ebtekar Terjangkit Virus Corona

Sementara tiga pria di New South Wales, yang masing-masing berusia 43, 45, dan 53, tiba langsung dari Wuhan, kota tempat virus muncul pertama kali.

5. Nepal. Seorang mahasiswa Nepal yang baru saja kembali dari Wuhan- kota yang menjadi pusat penyebaran penyakit tersebut – dalam rangka libur Tahun Baru Imlek, telah positif terinfeksi penyakit mirip pneumonia berat itu.

6. Singapura. Negara yang merupakan tempat transit terbesar di Asia Tenggara ini telah memastikan tiga kasus virus Korona jenis baru di wilayahnya.

Mereka yang terkena virus tersebut adalah pria berusia 66 tahun asal Wuhan, yang masuk ke Singapura pada 20 Januari 2020. Kemudian anaknya, yang berusia 37 tahun. Serta wanita berusia 53 tahun asal Wuhan.

7. Korea Selatan. Negara yang dipimpin Presiden Moon Jae-in ini telah melaporkan dua kasus virus Korona jenis baru di wilayahnya.

8. Thailand. Negeri Gajah Putih ini sudah mencatatkan lima kasus, yang melibatkan empat warga China. Semuanya berasal dari Wuhan. Sementara satu korban lagi merupakan perempuan Thailand 73 tahun, yang juga baru kembali dari kota Wuhan.

9. Amerika Serikat. Otoritas Kesehatan Negeri Paman Sam mengumumkan, dua kasus virus Korona di negaranya. Dua korbannya adalah seorang pria usia 30-an di Seattle, dan perempuan usia 60 tahun di Chicago. 

Berita Terkait : Tak Mau Negaranya Terjangkit Virus Corona, Arab Saudi Tutup Pintu Untuk Jamaah Umroh

10. Jepang. Ada tiga kasus virus Korona di Negeri Sakura. Kasus pertama terjadi pada pekan lalu, saat seorang pria dirawat pada 10 Januari 2020, setelah kembali dari Wuhan.

Kasus kedua, melibatkan seorang pria berusia 40-an, dan berasal dari Wuhan.

Kasus ketiga terjadi pada Sabtu (25/1). Korbannya adalah seorang wanita berusia 30-an yang tinggal di Kota Wuhan, China, dan datang ke Jepang pada 18 Januari lalu. 

11. Perancis. Dua di antara tiga orang yang terinfeksi dirawat di Paris, dan diketahui masih sanak keluarga. Sementara sisanya di Bordeaux. Tiga pasien yang terinfeksi itu sama-sama menunjukkan gejala  virus Wuhan,  setelah bepergian dari China.

12. Vietnam. Ada dua kasus virus Wuhan yang dilaporkan Vietnam pada Kamis (23/1). Kasus ini melibatkan ayah dan anak di ibu kota Vietnam, Ho Chi Minh. Kementerian Kesehatan Vietnam memaparkan, keduanya kini berada dalam kondisi stabil. [HES]