Indonesia-Malaysia Perkuat Hubungan Dalam Menerapkan Nilai-Nilai Islam

Menko Polhukam Moh Mahfud MD/Humas Polhukam
Klik untuk perbesar
Menko Polhukam Moh Mahfud MD/Humas Polhukam

RMco.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Moh Mahfud MD menyatakan, Indonesia dan Malaysia memiliki kesamaan dalam menerapkan nilai-nilai Islam pada kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Indonesia dan Malaysia bisa maju bersama di dalam memperjuangkan nilai-nilai Islam di kedua negara karena banyak kesamaan,” ujar Mahfud saat menghadiri acara Diskusi Panel: Harapan Baru Dunia Islam Meneguhkan Hubungan Indonesia - Malaysia di Jakarta, Sabtu (25/1).

Baca Juga : Airlangga Beri Kuliah Umum di Seskoal

Menurut Mahfud, Indonesia dan Malaysia memiliki keinginan yang sama untuk membentuk negara Islami tetapi bukan negara Islam, karena Islami dengan Islam memiliki pengertian yang bebeda.

“Islami itu kata sifat, Islami bukan Islam. Di mana kesamaannya Indonesia dan Malaysia sama-sama ingin membangun masyarakat atau negara Islami,” jelasnya.

Baca Juga : Sejumlah Wilayah Di Indonesia Rentan Rawan Pangan

Mahfud mengatakan, Indonesia dan Malaysia memiliki sistem pemerintahan yang berbeda namun mempunyai keinginan yang sama dalam menerapkan nilai-nilai Islam.

“Indonesia itu berbentuk republik, demokrasi dan Malaysia berbentuk kerajaan dengan parlementer, apakah itu melanggar peraturan sunnah, tidak. Indonesia dan Malaysia sama-sama menganut Islam tidak ke kiri atau Islam tidak ke kanan tapi Islam yang cerdas,” ungkapnya. [WHY]