RMco.id  Rakyat Merdeka - Wabah virus Corona atau Covid-19, kini sudah merembet ke Afrika, benua terbesar kedua di dunia setelah Asia.

Mesir menjadi negara pertama yang terjangkit Covid-19 di benua tersebut, setelah seorang warga negara asing dilaporkan terinfeksi tanpa gejala.

Berita Terkait : PB IDI: Virus Covid-19 Susah Ditebak

"Kasus ini dapat terkonfirmasi melalui program tindak lanjut yang dilakukan pemerintah, untuk para pelancong yang datang dari negara-negara yang telah terjangkit virus Covid-19. Saat ini, korban telah dirawat di ruang isolasi," ungkap Menteri Kesehatan Mesir, Khaled Mugahed dalam pernyataannya pada Jumat (14/2), seperti dikutip Al Jazeera.

Pernyataan ini tidak menjelaskan jenis kelamin, kewarganegaraan, ataupun pintu masuk pasien tersebut ke negara yang terkenal dengan piramidanya itu.

Berita Terkait : Trump Masih Sombong

Kasus ini menempatkan Mesir sebagai negara kedua di Timur Tengah yang terjangkit Covid-19, setelah Uni Emirat Arab pada akhir bulan lalu.

Di seluruh dunia, Covid-19 yang mengawali penyebarannya di Wuhan, Provinsi Hubei, China pada akhir Desember 2019 telah merenggut hampir 1.400 korban jiwa, dan menginfeksi hampir 65 ribu orang di 25 negara.

Berita Terkait : Vaksin Corona Kunci Pemulihan Ekonomi

Mayoritas kasus terjadi di China daratan. Tiga kasus kematian di luar China, tercatat di Filipina, Hong Kong, dan Jepang. [HES]