Alamak, Korban Virus Corona di Korsel Terus Membludak

Foto: Net
Klik untuk perbesar
Foto: Net

RMco.id  Rakyat Merdeka - Jumlah korban virus Corona atau Covid-19 di Korea Selatan, kini makin membludak.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea Selatan (KCDC) mengumumkan 123 tambahan kasus infeksi virus Corona (Covid-19) di wilayahnya, Minggu (23/2).

Dengan demikian, saat ini Korea Selatan (Korsel) telah membukukan 556 kasus terjangkit virus Corona dengan empat angka kematian.

Mayoritas kasus tambahan ini dikaitkan dengan aktivitas Gereja Shincheonji Yesus, yang terletak di sebelah tenggara Kota Daegu. Diduga kuat, virus Corona tersebut ditularkan oleh seorang jemaat gereja wanita berusia 61 tahun, pada pekan lalu.

Berita Terkait : Kapan Virus Corona Wafat? Wallahualam

Wanita lansia ini sama sekali tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri.

Sebelumnya, kasus-kasus infeksi virus Corona di Korsel kerap dikaitkan dengan China, sebagai episenter wabah virus tersebut.

Namun, saat ini, Kota Daegu yang berpenduduk 2,5 juta jiwa dan rumah sakit di Cheongdo, daerah berpenduduk 43 ribu jiwa, ditengarai menjadi pusat penyebaran virus Corona di Korsel.

Sebagai bentuk respon atas membludaknya kasus virus Corona di Korsel, KCDC pun menetapkan Daegu dan Cheongdo sebagai zona perawatan khusus, sejak Jumat (21/2).

Berita Terkait : AS Laporkan Kasus Kematian Pertama Akibat Virus Corona

Sejak pertama kali terdeteksi pada 20 Januari 2020, virus Corona di Korsel telah merenggut empat nyawa. Pasien keempat yang meregang nyawa akibat virus ini adalah pria berusia 57 tahun yang berada di RS Cheongdo.

Sehari sebelumnya, 9 dari 39 umat Katolik Korsel yang berziarah ke Israel pada awal bulan ini, dipastikan terinfeksi virus Corona.

Untuk menekan laju penyebaran virus tersebut, gereja-gereja Katolik di Daegu, Gwangju, dan tempat lain telah menangguhkan misa dan pertemuan lainnya.

Sejak memulai penyebaran di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China pada akhir Desember 2019, Covid-19 telah menginfeksi 78.724 orang di 32 negara di dunia, dengan 2.462 korban jiwa. Total pasien sembuh, baru 23.092 orang.

Berita Terkait : Wabah Corona Sudah Renggut 43 Nyawa, Iran Larang Warganya Keluar Rumah

Mayoritas kasus terjadi di China. Di luar Negeri Tirai Bambu, kematian akibat Covid-19 dilaporkan terjadi di Jepang (3), Korea Selatan (4), Hong Kong (2), Taiwan (1), Iran (6), Italia (2), Prancis (1), dan Filipina (1). [HES]