Qatar Laporkan Kasus Pertama Virus Corona, Korbannya Baru Balik Dari Iran

Foto: Net
Klik untuk perbesar
Foto: Net

RMco.id  Rakyat Merdeka - Qatar akhirnya menjadi negara kesepuluh di Timur Tengah, yang terjangkit virus Corona atau Covid-19 di Timur, setelah mengumumkan kasus pertamanya pada hari ini, Sabtu (29/2).

Sebelumnya, ada sembilan negara Timur Tengah lain yang sudah lebih dulu melaporkan kasus virus Corona. Yakni Iran, Kuwait, Bahrain, Uni Emirat Arab, Irak, Oman, Israel, Lebanon, dan Afghanistan.

Seperti dikutip Al Jazeera pada Sabtu (29/2), korban kasus virus Corona pertama di Qatar adalah seorang pria berusia 36 tahun, yang belum lama ini kembali dari Iran.

Berita Terkait : Virus Corona Gentayangan Di Mana-mana, AS Tunda Pertemuan Dengan Para Pemimpin ASEAN

Asal tahu saja, negara yang beribu kota di Teheran itu mencatat angka kematian tertinggi akibat virus Corona, setelah China.

Berita ini mencuat di tengah hebohnya kebijakan Arab Saudi, yang melarang negara-negara Dewan Kerja Sama Teluk (GCC) untuk memasuki dua kota suci: Mekkah dan Madinah demi mencegah wabah Corona.

Dari kawasan Asia Pasifik dilaporkan, pemerintah Korea Selatan (Korsel) telah meminta warganya untuk berdiam di rumah, di tengah maraknya wabah virus Corona yang melanda negara tersebut.

Berita Terkait : Waspada Wabah Corona, Australia Tutup Pintu Buat Warga Asing dari Iran

Terutama, setelah Korsel mencatatkan 813 kasus baru, yang menjadikan total kasus infeksi di Negeri Ginseng berjumlah 3.150, dengan 16 angka kematian.

Saat ini, Seoul adalah pusat wabah Corona terbesar di luar China.

Berdasarkan laporan Komisi Kesehatan Nasional China (NHC), virus Corona telah menginfeksi 79.251 warga China daratan, yang berujung dengan 2.835 angka kematian.

Berita Terkait : Makin Menggila, WHO Naikkan Status Darurat Wabah Corona ke Level Tertinggi

Secara global, virus yang telah menjalar hingga ke sedikitnya 40 negara di dunia ini, telah menginfeksi 85.607 orang dan merenggut 2.932 nyawa. Sedangkan jumlah pasien yang berhasil disembuhkan, mencapai angka 39.335. [HES]