Lepas Rindu, Dubes dan WNI Ethiopia Nonton Bareng Film Surat dari Praha

Dubes RI Untuk Ethiopia Al Busyra Basnur (kedua kanan) bersama ratusan WNI menonton film Surat dari Praha di Hawassa Industrial Park, Ethiopia, Sabtu (29/2) malam. (Foto: KBRI Addis Ababa)
Klik untuk perbesar
Dubes RI Untuk Ethiopia Al Busyra Basnur (kedua kanan) bersama ratusan WNI menonton film Surat dari Praha di Hawassa Industrial Park, Ethiopia, Sabtu (29/2) malam. (Foto: KBRI Addis Ababa)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Sekitar 150 orang warga Indonesia berkumpul di gedung pabrik garment, Busana Apparel Group/Century Garment Plc, Hawassa Industrial Park, Ethiopia, Sabtu (29/2) malam. Mereka sudah lama berpisah dan tak bertemu dengan keluarga dan sanak famili masing-masing di Indonesia. 

Di raut wajah mereka terlihat rasa sedih dan duka. Bahkan beberapa diantara mereka meneteskan air mata tanda sedih. Suasana ruangan yang sebelumnya riuh, tiba-tiba hening. 

Tidak ada satupun suara terdengar. Masyarakat Indonesia itu baru saja usai menyaksikan film Indonesia berjudul “Surat dari Praha” yang sengaja ditayangkan oleh KBRI Addis Ababa

Berita Terkait : Dubes Al Busyra Imbau WNI di Ethiopia Waspadai Virus Corona

“Kita nonton bareng dengan masyarakat Indonesia disini. Pertama untuk menghibur masyarakat Indonesia yang sehari-hari sangat sibuk bekerja di pabrik ini. Kedua, untuk mempererat hubungan silaturahmi. Dan ketiga untuk meningkatkan rasa cinta tanah air,” kata Ravky Permato, Pejabat Fungsi Pensosbud, KBRI Addis Ababa. 

Kota Hawassa terletak 270 km selatan Addis Ababa. Di kota ini terdapat sekitar 150 masyarakat Indonesia yang bekerja di beberapa perusahaan garmen Indonesia, yaitu Busana Apparel Group/Century Garment Plc yang dipimpin Joseph Jaya Kumar dan PT Sumber Bintang Rejeki/Sumbiri Intimate Apparel Plc.yang dipimpin Rodolfo Angala, serta satu perusahaan asing yang dipimpin oleh pengusaha asal Indonesia, Iksan Santoso Supadi, yaitu PT TAL. 

Nonton bareng yang baru pertama kali dilakukan ini, juga dihadiri oleh Al Busyra Basnur, Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika bersama Joseph Jaya Kumar pimpinan perusahaah Century Garment Pls. 

Baca Juga : Kemenhub Tambah Kuota Mudik Gratis Motor dengan Kereta Api, Ini Jadwalnya

“Masyarakat Indonesia sangat senang menyaksikan film Indonesia ini. Mereka tidak hanya merasa terhibur, tetapi juga sebagai pelepas rindu kepada Indonesia dan sanak keluarga,” kata Joseph Jaya Kumar.  

“Pemutaran film Indonesia oleh KBRI Addis Ababa sangat menghibur dan membahagiakan kami. Kami mengharapkan agar KBRI Addis Ababa sering mengadakan acara nonton bareng seperti ini, karena juga dapat mempererat persatuan dan kesatuan masyarakat Indonesia di rantau Afrika yang sangat jauh ini,” kata Riko, salah seorang karyawan yang sekaligus pembawa acara pada malam itu.

Pada kesempatan itu, Duta Besar Al Busyra Basnur juga menyampaikan berbagai perkembangan terkini dan kegiatan KBRI Addis Ababa tahun 2019 dan 2020.

Baca Juga : Kunjungan Bersama MPR, DPR, dan DPD ke Papua Wujud Solidaritas Lembaga Perwakilan Rakyat

 “Masyarakat Indonesia di Hawassa sangat aktif membantu setiap kegiatan KBRI Addis Ababa, terutama dalam kegiatan Bazaar Indonesia yang diselenggarakan di KBRI Addis Ababa,” pungkasnya. [SRI]