RMco.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Korea Selatan (Korsel) terus melakukan berbagai upaya untuk memberantas wabah coronavirus alias virus Corona alias Covid-19.

Terutama, setelah jumlah kasus infeksi virus tersebut hampir mencapai 5.000, dengan 28 angka kematian.

Upaya tersebut antara lain ditempuh dengan meluncurkan klinik uji virus Corona drive-thru di tempat parkir umum di kawasan Goyang, yang berjarak 16 km arah baratdaya Seoul.

Berita Terkait : Trump Masih Sombong

Sejak dibuka pekan lalu, setiap harinya, 100 warga Goyang antre melakukan uji virus Corona via layanan drive-thru ini.

Seperti dilansir Reuters pada Selasa (3/3), warga yang mengalami demam dan memiliki keluhan pernapasan lainnya, tak perlu buang waktu untuk mengecek kondisi kesehatannya. Apakah terpapar virus Corona, atau tidak.

Petugas medis klinik drive-thru yang mengenakan pakaian pelindung lengkap plus kacamata google, siap mengambil sampel sekret, dan memberikan hasil pemeriksaan dalam tempo kurang dari 10 menit.

Berita Terkait : Kemenkes Minta Pemda Bangun RS Khusus Jika Pasien Corona Melonjak

"Melalui fasilitas ini, kami bisa melakukan pengujian pada banyak orang, dalam waktu singkat. Pengujian model ini juga meminimalkan risiko penyebaran virus, karena orang tak harus turun dari mobil," jelas Kepala Stasiun Goyang Kim An-hyun kepada stasiun TV lokal, MBC.

Warga Goyang pun merasa puas dengan layanan ini, karena hemat waktu.

"Menurut saya, fasilitas ini sangat membantu karena mudah dan cepat. Sebelumnya, saya juga sudah pergi ke Puskemas untuk pemeriksaan. Itu prosesnya lama. Perlu waktu lebih dari satu jam," ujar seorang pengendara mobil kepada stasiun TV lokal, YTN.

Berita Terkait : Kunjungan PM Suga Ke Indonesia, Bisa Dongkrak Kepercayaan Asing

Sejauh ini, Goyang hanya mencatat empat kasus virus Corona. Beda jauh dibanding total kasus infeksi di Korsel yang kini menyentuh angka 4.812.

Namun, penularan virus Covid-19 yang semakin masif, memaksa pemerintah setempat untuk mengambil langkah pencegahan maksimal.

Fasilitas uji virus Corona drive-thru juga ada di Incheon dan Sejong, dan akan terus dibuka di berbagai kota. [HES]