Bela Sungkawa Negara Sahabat Atas Wafatnya Ibu Jokowi

Bela Sungkawa Negara Sahabat Atas Wafatnya Ibu Jokowi
Klik untuk perbesar

RMco.id  Rakyat Merdeka - Aliran ucapan belasungkawa dari sahabat terus mengalir untuk Presiden Joko Widodo yang baru saja ditinggal ibunda tercinta, Sujiatmi Notomiharjo. Sang ibu meninggal dunia pada Rabu 25 Maret 2020. 

Ucapan duka sudah dikirimkan sejumlah negara sahabat. Putra Mahkota UEA Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MbZ) mengirimkan doa untuk mendiang ibunda Jokowi.

Dalam ucapannya, Pangeran Mohamed memanggil Presiden Jokowi sebagai teman baiknya. Ia berdoa agar Ibunda Jokowi mendapat ampunan dan keluarga yang ditinggalkan tetap tabah.

"Saya sampaikan belasungkawa kepada teman baik saya Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia atas meninggalnya sang ibu. Saya turut berduka cita sedalam-dalamnya kepada keluarga, semoga Allah ampuni segala dosanya dan semoga keluarga yg ditinggal diberi ketabahan," ujar Pangeran MbZ via Twitter, Kamis (26/3).

Berita Terkait : Presiden dan PM Singapura Berduka Cita Atas Wafatnya Ibunda Jokowi

Ucapan belasungkawa disampaikan MbZ  dalam tiga bahasa: Indonesia, Arab, dan Inggris.

Presiden Halimah Yacob dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong juga melayangkan ucapan duka lewat surat. Kedutaan Besar Singapura di Jakarta memposting surat duka untuk Jokowi itu.

"Saya dan suami sedih mendengar kabar duka wafatnya ibu tercinta Anda, Sudjiatmi Notomihardjo. Kami sampaikan ucapan belasungkawa dan kami harap keluarga Anda diberi kekuatan melewati masa sulit ini," tulis Presiden Halimah. Isi surat PM Lee juga tidak jauh berbeda.

"Ho Ching dan saya menyampaikan ucapan duka atas meninggalnya ibu tercinta Anda, Sudjiatmi Notomihardjo. Meski tidak pernah berkesempatan bertemu beliau, kami tahu rasanya kehilangan orang tua. Doa kami untuk beliau dan semoga keluarga Anda diberi ketabahan," tulis Lee.

Berita Terkait : Ibunda Wafat, Jokowi Tetap Mikirin Negara

Sebelumnya, Kedutaan Besar Malaysia untuk Indonesia yang berkantor di Jakarta menyampaikan ungkapan duka cita atas meninggalnya ibunda Jokowi yang dipasang di akun Twitter resmi Kedutaan Besar Malaysia @MYEmbJkt. 

Kedutaan Besar Malaysia ingin menyampaikan duka yang sedalam-dalamnya di atas pemergian Ibu Sujiatmi, ibunda tercinta Yang Mulia Presiden @jokowi. Semoga roh Allahyarhamah ditempatkan di kalangan orang beriman di sisiNya. Amin.

Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin turut menyampaikan belasungkawanya dalam bahasa Melayu melalui akun Twitter pribadi. "Saya baru sahaja menerima khabar dukacita bahawa Ibu Sujiatmi Notomiharjo (Ibunda kepada Bapak Joko Widodo @jokowi, Presiden Republik Indonesia) telah kembali ke Rahmatullah sebentar tadi," tulisnya di akun @MuhyiddinYassin yang dikutip Rabu (25/3).

Pada kesempatan tersebut, PM Muhyiddin juga menyampaikan salam takziah mengatasnamakan rakyat Malaysia. "Saya dan seluruh rakyat Malaysia ingin mengucapkan takziah dan turut berdukacita di atas pemergian Almarhumah yang sudah tentu merupakan kehilangan besar kepada Bapak Presiden dan seluruh rakyat Indonesia," tulisnya.

Baca Juga : Dampak Covid-19, Industri Penerbangan Terancam Bangkrut

Sejumlah diplomat asing di Jakarta juga menyampaikan rasa duka mereka lewat media sosial. Kedutaan Besar Rusia menyampaikan ucapan duka mereka lewat Twitter.

"Dengan kesedihan mendalam kami mengetahui mengenai berpulangnya Ibu Sujiatmi Notomiharjo, ibunda bunda Presiden Joko Widodo. Ibu Dubes Rusia dan para diplomat Rusia menyampaikan belasungkawa, ikut berduka cita dan berbagi kesakitan bersama dengan keluarga dan kerabat Presiden J.Widodo," bunyi ucapan duka tersebut.

Duta Besar Australia untuk Indonesia Gary Quinlan juga melayangkan ucapan belasungkawanya. "Turut berduka cita yang mendalam dari saya dan seluruh masyarakat Australia di Indonesia dan Australia kepada Presiden @jokowi dan keluarga atas berpulangnya ibunda terkasih, Sujiatmi Notomiharjo. Beristirahatlah dalam damai," cuit sang dubes.

Dubes Kanada Cameron MacKay tidak ketinggalan. "Seluruh stfaf Kedutaan besar dan saya menyampaikan rasa duka yang dalam atas wafatnya Sujiatmi Notomiharjo, ibunda Presiden Jokowi. Semoga dia beristirahat dengan tenang @jokowi @Kemlu_RI @jakpost," cuit sang dubes. [DAY]