Dubes Australia Gary Quinlan Minta Warganya Segera Tinggalkan Indonesia

Dubes Australia untuk Indonesia Gary Quinlan (Foto: Istimewa)
Klik untuk perbesar
Dubes Australia untuk Indonesia Gary Quinlan (Foto: Istimewa)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) Australia untuk Indonesia Gary Quinlan mengimbau turis Negeri Kanguru yang masih berada di Bali atau wilayah lain di Indonesia, untuk segera pulang kampung.

Imbauan ini disampaikan Dubes Quinlan, menyusul pandemi Corona yang kian meluas.

"Kepada seluruh turis Australia yang berada di Bali dan wilayah lain di Indonesia, tolong segera kembali ke Australia. Jangan tunda kepulangan Anda," ujar Dubes Quinlan melalui akun Twitter resminya pada Kamis (26/3).

"Kepada warga negara Australia yang memiliki izin bermukim di Indonesia, mohon pastikan Anda telah memiliki akses bantuan, yang mungkin diperlukan dalam situasi genting. Jika Anda seorang Warga Negara Australia yang memiliki izin tinggal tetap, pastikan Anda memiliki akses ke layanan yang Anda perlukan dalam periode mendatang yang akan sulit," sambung Quinlan.

Berita Terkait : Keluarga Diplomat AS Di Bawah 21 Tahun Diminta Tinggalkan Indonesia

Imbauan serupa juga disampaikan Konjen Australia di Bali, Anthea Griffin.

"Mayoritas pesawat rute Bali-Australia akan stop sementara pada pekan ini. Jadi, jika Anda berencana pulang kampung bulan depan, sebaiknya pikirkan baik-baik. Bertindaklah sekarang, sebelum terlambat. Penerbangan Bali-Australia yang tersedia malam ini adalah: VA34 - SYD pada pukul 10.30 malam, dan VA46-BNE pukul 9.10 malam," serunya melalui akun Twitter @KonJenBali pada Jumat (27/3), yang di-retweet oleh Dubes Quinlan.

Dalam cuitannya, Dubes Quinlan juga menautkan link smartraveller.gov.au/destinations/asia/indonesia, yang memuat informasi untuk seluruh warga Australia yang berada di luar negeri. Termasuk, Indonesia.

Dalam situs tersebut, pemerintah Australia meminta warganya untuk membuat rencana matang dalam menghadapi kemungkinan perpanjangan periode lockdown di Negeri Kanguru.

Berita Terkait : Tips Olahraga di Luar Ruangan Bebas Virus Corona

Di samping itu, pemerintah Australia juga meminta warganya untuk memastikan keamanan tempat yang ditinggali. Serta mengikuti saran otoritas setempat, dan selalu berupaya meminimalkan risiko terpapar Covid-19.

"Pastikan juga untuk selalu menghubungi keluarga dan kerabat Anda, sehingga mereka tahu bahwa kondisi Anda betul-betul aman," demikian bunyi keterangan tersebut.

Jaringan Kedutaan Besar Australia dan seluruh Pos Konsuler di seluruh dunia senantiasa menyajikan info terkini mengenai imbauan pemerintah setempat, dan selalu mendukung setiap warga Australia dalam melalui masa sulit ini.

Untuk memudahkan akses informasi, warga Australia diminta subscribe situs Smartraveller.

Berita Terkait : Kucurkan 20 Miliar, Adaro Ajak Swasta Bantu Pemerintah Perangi Corona

Bila butuh bantuan kekonsuleran, dapat menghubungi +61 2 6261 3305 (dari luar Australia) dan 1300 555 135 (dari dalam Australia). Selain itu, juga bisa mengakses email smartraveller@dfat.gov.au, untuk hal yang tidak terlalu genting. [DAY]