Perangi Covid-19

Perdana Menteri Irlandia Leo Varadkar Jadi Dokter Sehari Dalam Sepekan

Perdana Menteri Irlandia Leo Varadkar terdaftar sebagai dokter umum pada 2010. (Foto Associated Press)
Klik untuk perbesar
Perdana Menteri Irlandia Leo Varadkar terdaftar sebagai dokter umum pada 2010. (Foto Associated Press)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Perdana Menteri (Taoiseach) Irlandia Leo Varadkar akan bekerja sehari dalam sepekan sebagai dokter untuk membantu memerangi pandemi Covid-19 setelah mengaktifkan kembali kredensial medisnya.

Leo Varadkar (41) terdaftar sebagai dokter umum pada 2010. Ketua Partai Fine Gael itu meninggalkan profesinya sebagai dokter pada 2013, setahun sebelum ditunjuk jadi menteri kesehatan.

Berita Terkait : Bantu Tangani Covid-19, Pertamina Sudah Rogoh Kocek Hingga Rp 250 Miliar

Kepada Irish Time, yang dikutip BBC, Leo Varadkar membenarkan kabar keikutsertaannya dalam tim medis. Ia bahkan mendaftarkan diri sesuai jalur yang ada. 

Kehidupannya lekat dengan tim medis. Ayahnya dokter asal India, Ashok dan ibunya, perawat keturunan Irlandia, Mirriam. Pasangannya, Matthew Barrett adalah dokter jantung. Leo Varadkar adalah perdana menteri termuda Irlandia. Ia juga perdana menteri gay pertama di negaranya

Berita Terkait : Keukeuh Lockdown, Menteri Kesehatan Brazil Dipecat

Keputusan Varadkar ikut menjadi tim medis setelah ada permohonan dari Layanan Kesehatan Eksekutif (HSE) Irlandia yang meminta para pekerja medis yang sudah pensiun untuk ikut membantu tim medis mengurus pasien positif Covid-19 dari Sars-CoV-2, keluarga virus corona.

Populasi Irlandia berjumlah lebih dari 4 juta jiwa. Pada Senin (6/4), tercatat 4.994 pasien positif corona, sembuh 25, meninggal dunia 158. [DAY]