KBRI Stockholm Jemput Bola Pelayanan WNI di Tengah Pandemi Covid-19

Petugas mengambil foto WNI cilik untuk perpanjangan paspor dalam pelayanan di Kota Malmo, Swedia. (Foto KBRI Stockholm)
Klik untuk perbesar
Petugas mengambil foto WNI cilik untuk perpanjangan paspor dalam pelayanan di Kota Malmo, Swedia. (Foto KBRI Stockholm)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI Stockholm) mengadakan pelayanan "jemput bola" kepada WNI di Kota Malmo, Swedia, pada Sabtu (25/4). Pelayanan dilakukan bagi WNI yang hendak memperpanjang paspornya dan mendapatkan info lain seputar kekonsuleran.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Swedia merangkap Latvia, Bagas Hapsoro, dalam kesempatan terpisah menyatakan, pelayanan ini penting, mengingat semakin terbatasnya pergerakan warga di tengah pandemi Covid-19 yang terus meningkat di Swedia. 

Berita Terkait : Pendapatan Grab Terguncang Covid-19

"KBRI yang hadir di tengah-tengah WNI berada, untuk melakukan pelayanan, ini sudah tugas KBRI," ujar Bagas.

Adapun tim konsuler KBRI terdiri dari Pelaksana Fungsi Protokol dan Konsuler, Ernest Hadinoto, beserta satu orang staf Fungsi Konsuler. Ernest menyatakan, awalnya pelayanan ini direncanakan pada awal April 2020, namun terpaksa mundur karena KBRI berusaha mematuhi anjuran Pemerintah setempat untuk tidak melakukan perjalanan antar kota.

Berita Terkait : Ekspor Jamur Makin Menjamur di Tengah Pandemi Covid-19

"Karena banyak WNI di berbagai kota di selatan Swedia yang membutuhkan perpanjangan izin tinggal dalam waktu dekat, jadi kami lakukan kegiatan ini," terang Ernest.

Ernest juga menambahkan, proses kegiatan tersebut tetap berpegang pada prinsip kehati-hatian dan saling menjaga kesehatan satu sama lain. Total 33 WNI yang memperpanjang paspor.

Berita Terkait : Media Wajib Lawan Hoaks dan Beri Semangat Publik Hadapi Covid-19

 "Yang datang sesuai jadwal yang ditetapkan dan harus perorangan, tidak bergerombol, dan semua mematuhi anjuran untuk mencuci tangan, menggunakan hand sanitizer, dan saling menjaga jarak. Ini agar semua tetap sehat," tambah Ernest.

Jika keadaan memungkinkan, KBRI Stockholm akan kembali mengadakan pelayanan yang sama di beberapa wilayah di Swedia. [MEL]