Bantu Cegah Penyebaran Covid-19

KBRI Washington DC Bagikan Ribuan Masker untuk Masyarakat Indonesia

Tim Satgas Covid-19 KBRI Washington DC mempersiapkan masker yang akan dibagikan untuk Diaspora Indonesia. (Foto KBRI)
Klik untuk perbesar
Tim Satgas Covid-19 KBRI Washington DC mempersiapkan masker yang akan dibagikan untuk Diaspora Indonesia. (Foto KBRI)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Sebagai salah satu upaya untuk membantu pencegahan pandemi Covid-19, sekaligus sebagai wujud kepedulian dan semangat gotong-royong, Kedutaan Besar Republik Indonesia/KBRI Washington DC memberikan bantuan ribuan masker kepada masyarakat, pelajar, dan diaspora Indonesia di Amerika Serikat (AS).

Inisiatif pemberian masker yang juga merupakan bagian dari program komprehensif KBRI Washington DC sebagai respons atas kondisi semakin terbatasnya ketersediaan masker di AS. Baik yang dijual langsung di toko maupun secara online.

Permintaan masker di Negeri Paman Sam itu melonjak drastis sejak merebaknya wabah virus corona dari Sars-Cov-2.

Berita Terkait : Bebas Covid-19, 239 ABK AIDA Cruises Jerman Dipulangkan ke Indonesia

“Sudah menjadi tugas dan komitmen kami untuk bersama-sama membantu masyarakat Indonesia di Amerika Serikat, terlebih di tengah kondisi pandemi saat ini. Pemberian masker ini bertujuan untuk membantu melindungi kesehatan WNI, serta sejalan dengan kebijakan Pemerintah AS yang secara resmi merekomendasikan penggunaan masker di tempat-tempat umum maupun saat melakukan aktivitas di luar rumah,” ujar Wakil Duta Besar/Kuasa Usaha ad Interim KBRI Washington DC Hari Susanto.

Di antara masker yang dibagikan KBRI Washington DC tersebut ada yang motif batik,  diproduksi masyarakat Indonesia di Washington DC dan sekitarnya. “Kami juga membeli masker-masker yang diproduksi masyarakat Indonesia di sini, sebagai salah satu upaya memberdayakan dan membantu perekonomian sebagian masyarakat kita yang terdampak,” terang Iwan. 

Pemberian masker tersebut melibatkan organisasi-organisasi masyarakat Indonesia di Washington DC dan sekitarnya sebagai pusat pendataan penerima dan titik pendistribusian. “Kami bekerja sama erat dengan simpul-simpul masyarakat untuk pendataan dan pendistribusian," kata Ketua Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 KBRI Washington DC, Theodorus Satrio Nugroho.

Berita Terkait : Stop Penyebaran Covid-19, Filipina Bebaskan Hampir 10 Ribu Napi

"Sebagian besar kita sampaikan secara langsung, namun untuk daerah yang jauh, seperti Richmond, Virginia, akan dikirimkan melalui pos,” imbuhnya.  

Hampir 2.000 masker dibagikan untuk sekitar 2.000 orang WNI dan Diaspora Indonesia yang tinggal di daerah-daerah sekitar Washington DC. "Karena langka sekali saat ini ketersediaannya, kami memilih masker berbahan kain agar dapat dipakai berulang untuk waktu yang cukup lama,” sambung Theo.

Inisiatif kegiatan pembagian masker tersebut mendapatkan apresiasi positif. Salah satunya adalah Sofi Danny, WNI yang berdomisili di Maryland.

Berita Terkait : KBRI Amman Bagikan 600 Paket Sembako Untuk WNI

“Alhamdulillah. Terima kasih sekali KBRI. Masker ini sangat bagus dan berguna. Pas sekali dengan kebutuhan kami sekarang ini,” ujarnya ketika menerima langsung bantuan masker di kediamannya.

Sejak wabah Covid-19 melanda AS, KBRI Washington DC telah melaksanakan sejumlah program yang bertujuan meringankan beban masyarakat Indonesia di wilayah DC, Maryland dan Virginia (DMV) yang terdampak. Selain pemberian masker, sebanyak 112 paket sembako sehat juga telah diberikan kepada para WNI terdampak sampai dengan periode April 2020.

Selain itu, guna memantau kesehatan para WNI lansia dan kelompok rentan, KBRI Washington, D.C. juga melakukan kegiatan pemantauan kesehatan berkesinambungan secara daring, memberikan bantuan alat pengukur suhu (termometer), serta melaksanakan kegiatan penyuluhan kesehatan secara virtual bekerja sama dengan beberapa organisasi kemasyarakatan dan asosiasi profesi kesehatan di Indonesia, antara lain KOWANI, Pita Putih Indonesia, dan Ikatan Psikologi Klinis Indonesia. [MEL]