RMco.id  Rakyat Merdeka - Ibadah puasa di bulan Ramadhan 1441 Hijriah atau tahun 2020 ini lain dari biasanya. Di tengah lockdown akibat pandemi Covid-19, yang melarang segala bentuk kegiatan massal - termasuk kegiatan beribadah -, warga Indonesia tetap bersemangat menjalankan ibadah puasa.

"Alhamdulillah, walaupun dengan suasana prihatin, KBRI Budapest sampai saat ini berhasil mengadakan kegiatan iftar atau buka puasa online ”Bukber Online” bersama seluruh warga muslim Indonesia di Hongaria," kata Dubes RI untuk Hongaria, Dimas A Wahab.

Baca Juga : Gagal Pertahankan Gelar, Messi : Kami Lemah dan Tidak Konsisten

Kegiatan yang juga melibatkan Persatuan Pelajar Indonesia di Hongaria (PPI Hongaria) ini dilakukan setiap Jumat. Acara buka puasa dengan hidangan yang telah dipersiapkan oleh partisipan di rumahnya masing-masing ini, didahului pembacaan ayat suci Al Qur'an dan kultum.

"Kegiatan bukber online ini ditujukan untuk menjaga silaturahmi antara WNI di Hongaria,  dan memberikan semangat dalam menjalankan ibadah puasa dalam kondisi serba terbatas saat ini,” ujar Dubes Dimas.

Baca Juga : Kasus Corona Di India Tembus 1 Juta

Buka puasa online ini semakin meriah karena di akhir acara, diadakan kuis dengan tema yang berbeda-beda setiap minggunya. Disesuaikan dengan isi ceramahnya.

Mereka yang dapat menjawab dengan benar, mendapatkan hadiah berupa bingkisan 1 dus mie instan asal Indonesia, yang disediakan oleh KBRI dan ITPC Budapest.

Baca Juga : Lagi Bersepeda, Eks Stafsus Jonan Wafat

Bukber online ini selalu dinantikan oleh warga Indonesia. Karena, di samping dapat bertatap muka, setiap peserta akan memperlihatkan hidangan buka puasanya kepada peserta lain. Sehingga, dapat memberikan inspirasi hidangan takjil pada waktu bukber berikutnya. [HES]