Lebaran Di Tengah Pandemi di Negeri Para Nabi Yordania, Gelar Halal Bi Halal Online

Duta Besar Andy Rachmianto shalat Id tetap jaga jarak di Wisma Duta, Amman, Yordania. (Foto KBRI Amman)
Klik untuk perbesar
Duta Besar Andy Rachmianto shalat Id tetap jaga jarak di Wisma Duta, Amman, Yordania. (Foto KBRI Amman)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Pandemi Covid-19 yang melanda Negeri Para Nabi, Yordania masih belum usai. Setelah satu bulan puasa Ramadhan, suasana kedaruratan dan keterbatasan tetap dilaksanakan, termasuk larangan keluar rumah.

Karena itu, Pemerintah Yordania memutuskan pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1441H untuk dilaksanakan di rumah masing-masing. Tak ayal suasana perayaan Lebaran tahun ini sangat berbeda dibandingkan tahun sebelumnya yang penuh dengan kemeriahan, jabat tangan dan berpelukan, bahkan dengan acara makan-makan dan hiburan.

Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, masyarakat tetap melaksanakan shalat Idul Fitri, baik secara berjamaah maupun pribadi, di rumah masing-masing.

Berita Terkait : Bikin Terobosan di Tengah Pandemi, Bamsoet Gelar Sosialisasi 4 Pilar Online

Kedutaan Besar Republik Indonesia/KBRI Amman bekerja sama dengan Himpunan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (HPMI) di Yordania mengadakan acara “Khutbat Idul Fitri dan Halal bi Halal Online” bertema “Merangkai Kebersamaan di Hari Kemenangan”.

Acara silaturahmi virtual dalam rangka lebaran ini diikuti wakil masyarakat diaspora Indonesia di Yordania yang tersebar di sejumlah kota, yaitu Amman, Irbid, Mu’tah dan Aqaba. Setelah mengikuti khutbah Idul Fitri, perwakilan dari simpul WNI yang terdiri dari pekerja migran, mahasiswa dan ekspatriat, menyampaikan ucapan saling memaafkan dan selamat Idul Fitri.

Duta Besar Indonesia untuk Yordania merangkap Palestina Andy Rachmianto dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan sambutan singkat dan membacakan pantun berjudul “Lebaran Di Rumah Aja” sambil menyapa para WNI.

Berita Terkait : Pandemi Covid-19, KBRI Amman Gelar Lomba Dakwah dan MTQ Online

“Di tengah pandemi dan “kenormalan baru”, meskipun melalui sarana virtual, masyarakat diaspora WNI masih dapat merayakan rangkaian Idul Fitri tahun ini tanpa kehilangan makna. Semoga ini menjadi ibadah bagi kita semua!,” pernyataan Andy.

Selama bulan Ramadhan tahun ini, KBRI Amman bekerja sama dengan HPMI, PCINU, PCIM dan DWP telah menyelenggarakan sejumlah kegiatan online, yaitu Pengajian Mingguan, Kuliah Ramadhan, Lomba Dakwah, Lomba MTQ, Seleksi Temus, Diskusi dan Webinar.

Di luar kegiatan online, sebagai bagian dari upaya pelayanan dan pelindungan WNI, KBRI Amman juga telah membagikan lebih dari 1.300 paket bantuan medis, sembako dan juga Bantuan Langsung Tunai (BLT)k para WNI yang terdampak Covid-19. [MEL]