Peringatan Hari Lahir Pancasila di KBRI Roma, Digelar Bareng Halal Bihalal Online

Duta Besar RI untuk Italia Esti Andayani (kebaya oranye) dalam acara Peringatan Hari Lahir Pancasila dan Halal Bihalal online di KBRI Roma, Senin (1/6). (Foto: KBRI Roma)
Klik untuk perbesar
Duta Besar RI untuk Italia Esti Andayani (kebaya oranye) dalam acara Peringatan Hari Lahir Pancasila dan Halal Bihalal online di KBRI Roma, Senin (1/6). (Foto: KBRI Roma)

RMco.id  Rakyat Merdeka - KBRI Roma menyelenggarakan Peringatan Hari Lahir Pancasila serta Halal Bihalal secara online pada Senin (1/6). Peringatan Hari Lahir Pancasila dan Halal Bihalal ini sedikit berbeda dibandingkan tahun sebelumnya, karena dilakukan secara online di tengah fase kedua kondisi kesehatan darurat akibat pandemi Covid-19 di Italia.

Kegiatan dihadiri secara terbatas oleh Pejabat dan Staf KBRI Roma di Wisma Duta KBRI Roma, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan keselamatan setempat.

Acara ini ditayangkan secara online melalui aplikasi Zoom dan Live Facebook KBRI Roma, diikuti pra Konsul Kehormatan Indonesia (honorary consuls) di Italia, pengurus dan anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) KBRI Roma, ITPC Milan, mahasiswa Indonesia di Italia, diaspora Indonesia, serta masyarakat Indonesia lainnya di negara akreditasi.

Kegiatan dibuka dengan menyanyikan lagu perjuangan "Garuda Pancasila" ciptaan Sudharnoto, oleh seluruh peserta termasuk peserta online dengan live music KBRI Roma.

Berita Terkait : Bamsoet: Gotong Royong Saripati Nilai-nilai Pancasila

Dalam tema peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini yaitu Pancasila dalam tindakan gotong royong menuju Indonesia maju, Duta Besar (Dubes) Esti Andayani mengimbau masyarakat Indonesia untuk terus menggelorakan semangat gotong-royong dalam menyelesaikan permasalahan yang ada. Demi kemajuan Indonesia.

Dubes Esti juga mengajak masyarakat Indonesia untuk  bersama-sama menjaga semangat persatuan, kesatuan, kerja sama, keharmonisan dan saling menghormati dalam keberagaman sesuai nilai-niai luhur yang terkandung dalam Pancasila.

Setelahnya, semua peserta mendengarkan serta menyimak Pidato Presiden RI dalam Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2020.

Untuk membuat suasana menjadi lebih meriah, semua perserta online menyanyikan lagu "Kebyar-kebyar" ciptaan Gombloh, diiringi live music oleh Band KBRI Roma.

Berita Terkait : Puan Didaulat Jadi Pembaca UUD 45 dalam Upacara Virtual Peringatan Hari Lahir Pancasila

Ditampilkan pula video-video ucapan selamat Hari Lahir Pancasila dan Idul Fitri 1441 H dari berbagai pihak. Antara lain dari Konsul Kehormatan Indonesia di Naples, Genova dan Florence yaitu Mr. Giuseppe Testa, Mr. Ivo Guidi dan Mr. Jacopo Cappucio; ucapan selamat perwakilan masyarakat Indonesia dari berbagai organisasi agama dan kemasyarakatan seperti Mawar Sharon, Oikumene, perwakilan masyarakat Hindu, DWP KBRI Roma maupun kru WNI (Anak Buah Kapal/ ABK) Kapal Pesiar Costa Victoria.

Dalam video message-nya, Konhor Jacoppo Cappucio menyampaikan ucapan selamat Hari Lahir Pancasila dan Idul Fitri kepada Menteri Luar Negeri RI dan Duta Besar Roma, serta seluruh masyarakat Indonesia di Italia.

Seorang kru Indonesia, Choki Parulian Rajagukguk beserta teman-temannya kru kapal pesiar Costa Victoria menyampaikan rasa cinta dan bangga sebagai warga Indonesia.

"Kami tidak merasa sendiri di Italia, karena kami memiliki dukungan KBRI Roma yang sangat bersahabat," ujarnya.

Berita Terkait : Peringati Hari Lahir Pancasila, Taspen Ajak Bersatu Lawan Covid-19

Para kru tersebut menutup video message-nya dengan salam merdeka dan persatuan untuk semua.

Peringatan Hari Lahir Pancasila dan Halal bi Halal online mendapat sambutan hangat dari seluruh masyarakat yang berpartisipasi. Meski tanpa tatap muka dan pertemuan fisik secara langsung.

Halal Bihalal online menjaga tali silaturahmi, dan persaudaraan pun tetap terjalin. [HES]