RMco.id  Rakyat Merdeka - Di tengah badai corona, sebanyak 25 menteri luar negeri, pejabat negara setingkat menteri, dan pemimpin organisasi dunia akan mengikuti Konferensi Forum Kerja Sama Prakarsa Sabuk Jalan (BRF) secara virtual pada Kamis 18 Juni 2020.

Pimpinan Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bakal turut serta dalam konferensi BRF tersebut, 

Baca Juga : Penuhi Kebutuhan Energi Warga , 41 Unit Pertashop Hadir di Jawa Barat

Demikian disampaikan Juru bicara Kementerian Luar Negeri China (MFA), Zhao Lijian dalam keterangan tertulisnya, Rabu (17/06).

Konferensi yang diketuai penasihat negara merangkap Menlu China, Wang Yi itu mengambil tema "Kerja Sama Sabuk Jalan dalam Memerangi Covid-19 melalui Solidaritas".

Baca Juga : 35 Calon Muda Praja IPDN Positif Covid-19

Konferensi ini digelar oleh MFA bersama Komisi Reformasi dan Pembangunan Nasional (semacam Bappenas), Kementerian Perdagangan, dan Komisi Kesehatan Nasional China (NHC) dengan tujuan untuk mengimplementasikan Konsensus Prakarsa Sabuk Jalan.

Selain itu, kegiatan ini untuk  memperkuat  kerja sama, saling berbagi pengalaman menghadapi pandemi, dan koordinasi kebijakan program pemulihan.

Baca Juga : Arsip Autentik Indonesia Buktikan Kesaktian Ideologi Pancasila

BRF digelar setiap tahun di Beijing. Konferensi tingkat tinggi yang digelar setiap tahun juga dihadiri sejumlah kepala negara/pemerintahan.

Pada tahun ini, BRF digelar secara virtual karena pandemi Covid -19. Bahkan, di Beijing baru-baru ini  muncul klaster baru penyakit virus corona jenis baru tersebut. [KPJ]