RMco.id  Rakyat Merdeka - Maroko dan Indonesia akan menjalin kerja sama dalam bidang kepemudaan dan keolahragaan. Kerja sama diwujudkan dengan pertukaran pemuda kedua negara.

Kesepakatan itu dicanangkan dalam pertemuan Menpora Imam Nahrawi dengan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBB) Oudia Benabdellah, di Ruang Kerja Lantai 10, Graha Pemuda, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (20/2) sore.

Berita Terkait : Gaet Belanda, Menteri Teten Janjikan Koperasi Petani dan Nelayan Lebih Modern

Menpora dan Dubes Maroko sepakat menindaklanjuti pertemuan bersejarah ini dengan Memorendum of Understanding (MoU) dalam bidang kepemudaan dan keolahragaan.

"Pertemuan penting dan bersejarah ini layak untuk ditindaklanjuti dalam MoU, agar kerja sama kepemudaan dan keolahragaan antar kedua negara dapat berjalan dengan baik," ucap Menpora didampingi Sesmenpora Gatot S Dewa Broto.

Baca Juga : Jadi Jurkam Gibran, Sandi Belum Turun Gunung Ke Solo

Dijelaskan Imam, kemiripan aspek budaya, agama, seni, etika, dan pengembangan demokrasi menjadi landasan kuat untuk bekerjasama antara Indonesia dan Maroko di masa mendatang. Dari letak geografis juga dapat dibilang ada kesamaan, karena Maroko merupakan negara jembatan antara Asia dengan Eropa, demikian juga posisi strategis Indonesia di kawasan Asia Tenggara (ASEAN).

Dalam waktu dekat di bidang kepemudaan akan segera dimulai, yaitu Maroko akan mengirimkan 12 pemudanya untuk dapat melihat, belajar dan beradaptasi dengan Indonesia yang memiliki multikultur menakjubkan."Pak Menteri, kami akan mengirim 12 pemuda untuk belajar tentang Indonesia, mohon dapat difasilitasi. Dan sebaliknya kami akan menerima 12 pemuda Indonesia yang akan bertukar dan mengetahui lebih jauh tentang Maroko," pinta Dubes Oudia.

Baca Juga : Desie : PSBB Ketat DKI Diperpanjang Masyarakat Kelas Bawah Makin Terpuruk

Pertukaran pemuda kedua negara akan semakin mempererat persahabatan dan persaudaraan antar bangsa, sekaligus dapat mempromosikan keunggulan negara masing-masing demi menyosongsong peradaban dunia yang semakin maju dengan pesatnya. "Kepada 12 pemuda Maroko akan kita sambut dan fasilitasi, silakan secara detail kirimkan staf untuk menindaklanjuti dalam perjanjian kerjasama serta tidak kalah pentingnya penjajagan pada bidang olahraga," tutup Menpora. 

Hadir mendampingi dari Kedutaaan Maroko, Konsul Ekonomi Omar El Asli. Sementara dari Kemenpora, Deputi Asrorun Niam, Staf Ahli Bidang Hukum Olahraga Samsudin, Stafsus Bidang Kepemudaan dan Anggaran Anggia Ermarini, dan Asdep Peningkatan Kapasitas Pemuda I Gusti Putu Raka Pariaman. [IPL]