RMco.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Luar Negeri Ethiopia, yang diwakili Direktur Jenderal Organisasi Internasional Yawit Dirga menanam pohon di Taman KBRI Addis Ababa, Kamis (16/7) sore.

Senin (20/7) besok, giliran Direktur Jenderal Asia dan Oceania Molalign Asfaw yang akan menanam pohon di KBRI Addis Ababa.

Baca Juga : Melalui FGD, Fadel Gali Pandangan Akademisi dan Birokrat Soal Haluan Negara

Kedua pejabat tersebut menanam pohon di Kompleks KBRI atas undangan Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti, dan Uni Afrika Al Busyra Basnur dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat Ethiopia dan Indonesia, tentang pentingnya kegiatan menanam pohon dan memelihara pelestarian lingkungan hidup.

“Apalagi tahun ini, pemerintah Ethiopia di bawah pimpinan PM Abiy Ahmed mencanangkan kembali kegiatan menanam lima miliar pohon selama musim hujan, Juni sampai September 2020 di bawah 2020 Green Legacy Tree Planting Programme,” kata Dubes Al Busyra.

Baca Juga : PBB: Myanmar Hapus Desa-desa Rohingya dari Peta

Tahun 2019, Ethiopia menanam empat miliar pohon selama musim hujan, dan berhasil mencatat rekor dunia karena mampu menanam lebih 350 juta pohon dalam sehari.

“Tahun lalu, KBRI juga menanam sekitar 100 pohon di taman KBRI seluas 10.000 meter persegi, untuk mendukung progran pemerintah Ethiopia. Pohon tersebut antara lain ditanam oleh pejabat pemerintah, pengusaha, akademisi dan pemuda Ethiopia serta pengusaha Indonesia di Ethiopia,” tambah Dubes Al Busyra.

Baca Juga : PSBB Jakarta, LIB Gelar Medical Workshop 2020 Secara Virtual

Selain pejabat Kemlu Ethiopia, pejabat dan staf KBRI Addis Ababa juga bertanam pohon di Taman KBRI. [HES]