RMco.id  Rakyat Merdeka - Angka penderita Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19 di India tembus 1 juta kasus. Para ahli memperkirakan, hal ini bisa terjadi karena Negeri Gangga itu terlalu cepat mencabut kebijakan lockdown.

India mencatat rekor kasus Covid-19 harian sebanyak hampir 35.000 kasus, kemarin. Lonjakan ini mengakibatkan angka Covid-19 di negeri itu tembus satu orang orang. Angka ini masih di bawah Brazil yang telah mencapai dua juta kasus.

Baca Juga : Mau Perpanjang SIM di Jakarta? Datang Saja ke 5 Lokasi Ini

Bersama Amerika Serikat, mereka menjadi tiga negara dunia yang melampaui satu juta kasus Covid-19. Meski begitu, seperti dilansir BBC, rata-rata pasien sembuh cukup tinggi dan angka kematian yang rendah di tiga negeri ini.

Bagaimanapun, dengan 25.602 orang yang meninggal dunia, India menduduki urutan delapan dalam daftar negara-negara di dunia dengan kasus kematian terbanyak.

Baca Juga : PDIP Sentil Wacana Menteri Nadiem

Negara Bagian Maharashtra menjadi wilayah dengan angka positif terbanyak, yaitu lebih dari 280.000 kasus. Adapun dua negara bagian di selatan—Karnataka dan Andhra Pradesh— serta dua negara di timur—Bihar,  West Bengal—mencatat peningkatan kasus harian.

India mencatat kasus Covid-19 yang pertama pada akhir Januari. Perkembangan pandemi di sana berjalan perlahan pada awalnya. Pada Maret, saat India memberlakukan karantina wilayah, kasus virus corona mencapai 500 kasus.

Baca Juga : Putus Rantai Covid-19, Ekonomi Dan Kesehatan Harus Bergandengan

Para pakar meyakini keputusan pemerintah yang menghentikan semua penerbangan internasional dan menerapkan karantina wilayah atau lockdown merupakan keputusan kunci yang memperlambat penambahan kasus.
 Selanjutnya