RMco.id  Rakyat Merdeka - Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga dikabarkan bakal mengumumkan jajaran kabinetnya paling cepat Rabu sore waktu setempat (16/9). Kemungkinan, dia tidak akan merombak total kabinet.

Dikutip Reuters, Selasa (15/9), kabinet yang akan dia bentuk akan memiliki formasi yang tidak jauh berbeda dengan peninggalan Shinzo Abe. "Tapi akan ada berbagai elemen berbeda yang diperlukan," ujar Suga.

Berita Terkait : Suga, PM Baru Jepang Yang Rajin Sit-up

Namun, bila Suga resmi menjadi PM Jepang, dia harus segera menetapkan Sekretaris Kabinet yang baru. Kabar yang beredar, dia akan menunjuk Menteri Kesehatan Katsunobu Kato sebagai Sekretaris Kabinet yang baru. Hal itu mengacu pada pertimbangan Kato, yang dekat dengan Suga dan pernah menjabat sebagai Deputi Sekretaris Kabinet.

Selain itu, Suga juga menjadikan penanganan Covid-19 sebagai salah satu fokus utamanya. "Saya perlu figur yang cocok diajak bekerjasama dan memiliki kelebihan di berbagai sektor," jelasnya.

Berita Terkait : Sah, Yoshihide Jadi PM Jepang, Gantikan Shinzo Abe

Posisi Menteri Keuangan Taro Aso dan Menteri Luar Negeri Toshimitsu Motegi diperkirakan bakal tetap diposisi mereka saat ini.

Yasutoshi Nishimura kemungkinan besar bakal ditunjuk sebagai Menteri Ekonomi. Hiroshi Kajiyama disebut akan tetap memegang posisi Menteri Perdagangan dan Industri. Shinjito Koizumi, putra bekas PM Junichiro Koizumi, bakal menjadi Menteri Lingkungan.

Berita Terkait : Bekas Menhan dan Seskab Bersaing Jabat PM Jepang

Kantor berita Kyodo melaporkan, Menteri Pertahanan Taro Kono bakal dipindahkan menjadi Menteri Dalam Negeri. Sementara Nobuo Kishi, yang merupakan adik Shinzo Abe, akan mengisi posisi Menteri Pertahanan.

Suga juga bakal menunjuk Katsunobu Kato sebagai Menteri Kesehatan. Dia dikenal publik sebagai sosok yang gigih mengatasi pandemi Covid-19. [DAY]