RMco.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi menegaskan konsistensi dukungan Indonesia terhadap kemerdekaan Palestina.

Hal tersebut disampaikan Jokowi, dalam Pidato Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), yang disampaikan secara virtual, Rabu (23/9).

Berita Terkait : Ini Kelompok Masyarakat Yang Tak Bisa Disuntik Vaksin Sinovac

"Palestina adalah satu-satunya negara yang hadir di Konferensi Bandung, yang sampai sekarang belum menikmati kemerdekaan. Dalam hal ini, Indonesia terus konsisten memberikan dukungan bagi Palestina, untuk mendapatkan hak-haknya," papar Jokowi, yang berpidato setelah Presiden Srilanka, Gotayaba Rajapaksa. 

Jokowi menambahkan, Indonesia akan terus memainkan peran aktifnya sebagai bridge builder dan menjadi bagian dari solusi. Secara konsisten, komitmen ini terus dijalani Indonesia. Termasuk, saat Indonesia duduk sebagai anggota Dewan Keamanan PBB.

Berita Terkait : Listyo Tanpa Sandungan

"Indonesia akan selalu mengedepankan spirit yang menguntungkan semua pihak. Tanpa meninggalkan satu negara pun. No one, no country should be left behind," tandasnya.

Persamaan derajat inilah yang ditekankan oleh Bapak Bangsa Indonesia Soekarno, Bung Karno saat Konferensi Asia Afrika di Bandung tahun 1955, yang menghasilkan dasa sila Bandung.

Berita Terkait : Jokowi, Pemimpin Dunia Pertama Yang Disuntik Vaksin Covid Sinovac

Hingga kini, prinsip dasar dasa sila Bandung masih sangat relevan. Termasuk, untuk penyelesaian perselisihan secara damai, memajukan kerjasama dan penghormatan terhadap hukum internasional. [SAR]