RMco.id  Rakyat Merdeka - Sejak resmi bertugas di Amerika Serikat (AS), rangkaian kegiatan Duta Besar Indonesia untuk AS Muhammad Lutfi terus berlangsung. Di akhir pekan, ia menyapa para diaspora  Indonesia yang ada di AS dalam acara perkenalan virtual.

Masyarakat Indonesia menyambut antusias kehadiran Lutfi dan istri, Bianca Alinda Adinegoro Lutfi, dalam acara perkenalan secara daring yang diselenggarakan KBRI Washington DC dan seluruh KJRI se-AS (KJRI Chicago, Houston, Los Angeles, New York, dan San Francisco) serta Perutusan Tetap RI untuk PBB di New York.

Acara juga dihadiri seluruh perwakilan RI di AS. Duta Besar/Wakil Tetap RI untuk PBB di New York dan seluruh Konsul Jenderal (Konjen) RI se-AS beserta staf larut dalam acara yang berlangsung lebih dari dua jam itu.

Selain mengucapkan selamat dan sukses kepada Lutfi atas tugas baru di negeri Paman Sam, para Kepala Perwakilan RI se-AS juga menyampaikan dukungan dan optimisme terhadap kepemimpinan Lutfi untuk meningkatkan hubungan baik yang saling menguntungkan antara Indonesia dan AS, di berbagai bidang.

Berita Terkait : `Saya Ingin, AS Tahu RI Perbaiki Iklim Investasi`

“Terima kasih atas sambutan dan penerimaan yang luar biasa ini. Mohon dibukakan pintu hati, kita semua harus bekerja bersama-sama, karena kita semua sesungguhnya adalah duta-duta bangsa di tanah rantau ini,” ujar Lutfi yang malam itu mengenakan batik bernuansa oranye.

“Mari kita berikan tampilan yang baik, rukun, bersahaja, dan menampilkan citra bahwa kita cinta perdamaian. Perdamaian akan mendatangkan kesejahteraan,” pesan Lutfi, sembari meminta masyarakat Indonesia untuk ikut ambil bagian dalam menyuarakan pentingnya Indonesia kepada masyarakat dan Pemerintah AS.

Menurut Lutfi, Indonesia dan AS bukan hanya mitra ekonomi, tapi juga mitra dalam hal nilai dan norma sebagai sesama negara demokrasi yang menjunjung tinggi supremasi hukum, memberikan kebebasan bersuara, berbicara, dan memilih.

"Karena itulah Indonesia berdiri sama tinggi dan siap menjadi mitra dengan dasar dan cara berfikir yang sama,” jelasnya.

Baca Juga : Hanya Orang Gila Yang Tak Percaya Corona Ada

Lutfi juga menggarisbawahi bahwa agendanya sebagai Dubes banyak sekali. Tidak hanya di bidang ekonomi namun juga bidang-bidang lainnya.

“Saya tidak saja memastikan Indonesia mendapat jalan keluar dari middle income trap melalui kerja sama dan investasi di bidang infrastruktur dan teknologi, namun juga memastikan terjadinya pengertian yang dalam di kawasan, sehingga tidak terjadi konflik,” lanjut Dubes yang dijuluki rekannya, Ambassador on the run

Acara ini dipandu dua pembawa acara, Vivi Dharmansyah, Sekretaris IMAAM Center dan Victor Pattinakotta, staf KBRI Washington DC. Acara makin meriah, saat berbagai elemen masyarakat Indonesia menampilkan kesenian. Ada tari Bali, musik angklung mengiringi lantunan 'Heal the World'. Tambah meriah dengan dangdutan kolaborasi apik antara masyarakat Indonesia dan para penyanyi dangdut AS yang tergabung dalam grup ‘Dangdut in America’,

Sambutan hangat dan penuh optimisme atas kedatangan Dubes Lutfi dan istrinya juga disampaikan para sesepuh, tokoh masyarakat, pekerja, mahasiswa dan pelajar, serta berbagai unsur diaspora Indonesia lainnya, yang menyaksikan dari berbagai wilayah, mulai Hawaii di Pasifik, hingga kawasan Barat, Tengah, dan Timur AS.

Baca Juga : RUU Cipta Kerja Semoga Tidak Ciptakan Petaka

Marlenny Campbell, diaspora Indonesia yang sudah 30 tahun menetap di wilayah yang sangat jauh di Anchorage, Alaska, menyampaikan salam hangatnya. “Mewakili masyarakat Indonesia di Alaska, saya mengucapkan selamat datang, selamat bertugas dan sukses untuk Bapak Duta Besar Muhammad Lutfi,” ujarnya.

“Selamat bekerja untuk Pak Dubes Lutfi. Semoga nanti Bapak dan Ibu berkesempatan datang ke Madison, Wisconsin, dan mengunjungi restoran kami,” harap Roni Sjahrani, salah satu sesepuh masyarakat Indonesia dan pemilik Bandung Restaurant, satu-satunya restoran Indonesia di Negara Bagian Wisconsin, yang terletak di bagian tengah AS.

Tak ketinggalan, warga Indonesia di kawasan Timur AS juga antusias menyambut kedatangan Lutfi, seperti diungkapkan Soeko Prasetyo, salah satu sesepuh masyarakat Indonesia yang masih aktif di berbagai organisasi diaspora Indonesia di Kota New York.

“Selamat datang Pak Dubes Lutfi. Kami siap untuk membantu mensukseskan misi Pak Dubes!” tegas Soeko.[MEL]