Sebelumnya 
Dalam sambutan dan ucapan selamat atas perayaan Hari Kebangsaan Korea Selatan via Instagram, juga ada ucapan dari sejumlah pejabat pemerintahan. Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyampaikan apresiasi kepada pemerintah Korea Selatan dalam memfasilitasi Pekerja Migran Indonesia untuk memperoleh lingkungan kerja yang memadai dan perlakuan yang setara.

“Salah satunya melalui rencana pembentukan kesepakatan bagi PMI atau anak buah kapal (ABK) Indonesia yang tidak termasuk ke dalam kategori Employment Permit System,” kata Menaker.

Baca Juga : Vanessa Angel, Dapat Oleh-oleh Dari Angie

Sementara Duta Besar RI untuk Korea Selatan Umar Hadi menegaskan, hubungan spesial kedua negara didasarkan dengan prinsip-prinsip yang diyakini bersama, yakni terkait demokrasi, hak asasi manusia, dan perdamaian dunia.

Selain itu, Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto juga mengucapkan selamat kepada Korea Selatan dan menekankan, bahwa Indonesia berharap Korea Selatan dapat selalu bekerja sama dengan Indonesia dalam hubungan diplomatik, ekonomi dan kesehatan.

Baca Juga : Demokrat Tolak Wacana Pilkada Dan Pemilu Serentak

Setelah itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia Zainudin Amali, mengharapkan Korea Selatan dan Indonesia dapat bekerja sama dalam memajukan kesejahteraan pemuda di kedua negara.

Perwakilan dari kedua negara berharap persahabatan Indonesia dapat terus berlanjut, dan dapat bersama-sama menghadapi tantangan yang ada saat ini, yakni pandemi Covid-19. [DAY]