RMco.id  Rakyat Merdeka - Dewa gitar musik rock Eddie Van Halen meninggal dunia pada Selasa (6/10) pagi waktu Amerika Serikat (AS) di usia 65 tahun. Kabar ini disampaikan putranya, Wolf Van Halen.

"Dia ayah terbaik yang pernah saya miliki. Setiap momen kebersamaan saya dengan dia, di atas atau di luar panggung, adalah sebuah anugerah," tulis Wolf Van Halen di Twitter-nya.

Menurut putra dari pasangan Eddie dan istrinya terdahulu, Valerie Bertinelli itu, ayahnya meninggal setelah lama berjuang melawan kanker. Pada 2009, Van Halen menikah dengan artis Janie Liszewski.

Baca Juga : Dituduh Curangi Pemilu, PM Kirgizstan Mundur

"Hati saya hancur, dan saya tidak berpikir akan bisa pulih sepenuhnya dari rasa kehilangan ini," kata Wolf.

Eddie Van Halen, yang nama lengkapnya Edward Lodewijk Van Halen, dan saudaranya Alex Van Halen, sudah tampil di dunia musik sejak usia remaja. Mereka membentuk grup band dengan nama Van Halen setelah bertemu dengan vokalis David Lee Roth.

Selama empat dekade, Van Halen telah merilis belasan album. Grup ini sering berganti penyanyi, mulai dari David Lee Roth, lalu ke Sammy Hagar, Gary Cherone, lalu kembali ke Hagar dan kembali ke Roth.

Baca Juga : Rupiah Joss Pagi Ini, Naik 0,03 Persen

Solo Van Halen termasuk "Runnin’ With the Devil," "Panama," "Hot For Teacher," "Why Can't This Be Love?" dan tentu saja "Jump" – yang menduduki puncak tangga lagu pada 1984.

Van Halen juga menyumbangkan melodi gitarnya untuk lagu kondang Michael Jackson yang menghentak ceria berjudul "Beat It," bagian dari album "Thriller" tahun 1983.

"Seluruh hidup saya untuk musik. Saya tidak bisa membayangkan hal lain lagi,” kata Van Halen dalam sebuah wawancara pada 2017.

Baca Juga : Tingkatkan Kualitas Lulusan, Prodi KPI UIN Jakarta Siap Review Kurikulum

Kabar duka ini segera menyebar di dunia musik rock. "Eddie bukan hanya seorang Dewa Gitar, dia juga jiwa yang indah dan asli,” kata Gene Simmons dari KISS.

Geezer Butler dari Black Sabbath menyebut Van Halen sebagai salah satu pria paling baik dan sederhana yang pernah saya kenal dan melakukan tur bersama. “Dia juga seorang gentleman dan jenius sejati,” tambahnya. [DAY]