RMco.id  Rakyat Merdeka - Hingga Agustus 2020, kinerja ekspor Indonesia ke Negeri Tirai Bambu dilaporkan mengalami peningkatan.

Hal ini tercermin dari meningkatnya total nilai ekspor Indonesia ke China, serta peningkatan nilai ekspor beberapa produk unggulan dan potensial Indonesia ke negara tersebut.

Berita Terkait : Peresmian Paviliun Indonesia Di Nansha Bird Park, Guangzhou Jadi Kado Indah Perayaan HUT Diplomatik RI-China Ke-70

Data yang dirilis oleh Kepabeanan China, volume perdagangan Indonesia dengan Negeri Tirai Bambu pada periode Januari sampai Agustus 2020 mencapai 48,7 miliar dolar AS.

Berdasarkan volume perdagangan tersebut, total nilai ekspor Indonesia ke Tiongkok mencapai 23,3 miliar dolar AS. Tumbuh 6,4 persen, dibandingkan dengan nilai total ekspor tahun sebelumnya dalam periode yang sama.

Baca Juga : Klaster Keluarga DKI Terus Meroket

Sementara nilai impor Indonesia dari China pada periode tersebut, mencapai 25,4 miliar dolar AS. Turun 11.8 persen dibandingkan tahun sebelumnya, dalam periode yang sama.

“Defisit perdagangan Indonesia dari China dalam periode ini, mencapai 2 miliar dolar AS. Tahun lalu, untuk periode Januari sampai Agustus 2020, kita defisit 6,6 miliar dolar AS. Jadi  ada penurunan defisit yang sangat signifikan, hingga 69,2 persen. Apabila tren tersebut terus berlangsung, maka sampai dengan akhir tahun, defisit akan berkurang banyak dibandingkan tahun lalu,” jelas Duta Besar (Dubes) RI untuk China dan Mongolia, Djauhari Oratmangun.

Baca Juga : PUPR Gandeng BPKP Audit Pekerjaan Venue PON XX Papua

Beberapa produk unggulan dan potensial Indonesia dalam periode ini tercatat mengalami peningkatan nilai ekspor secara signifikan. Antara lain Besi dan Baja (HS 72) meningkat 134.3 persen; Tembaga (HS 74) meningkat 88.5 persen; Alas kaki (HS 64) meningkat 31.9 persen; Kertas dan Paperboard (HS 48) meningkat 118.7 persen; Produk perikanan (HS 03) meningkat 16.2 persen; Karet (HS 40) meningkat 25.8 persen; Plastik (HS 39) meningkat 20.4 persen; Timah (HS 80) meningkat 1163.6 persen.
 Selanjutnya