RMco.id  Rakyat Merdeka - Perdana Menteri (PM) Jepang Yoshihide Suga menegaskan dukungannya secara penuh terhadap konsep ASEAN Outlook on Indopacific yang dipelopori Indonesia. Jepang bahkan akan mengadopsi konsep itu.

“Jepang secara penuh mendukung ASEAN Outlook on Indopacific yang dipelopori Indonesia untuk diadopsi,” kata Yoshihide Suga, dalam pernyataan pers bersama Presiden Jokowi, setelah pertemuan bilateral di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (20/10), seperti dikutip Antara.

Berita Terkait : Jokowi Warning Kelangkaan Kedelai, Mentan Manggut-manggut

PM Suga mengatakan, Jepang memiliki kesamaan fundamental dengan visi Indopasifik yang bebas dan terbuka. Berpijak pada hal ini, Jepang akan bekerja sama dengan Indonesia menjelang KTT ASEAN terkait yang akan digelar pada November 2020.

Selain itu, kata dia, Jepang bersama Indonesia, yang merupakan negara maritim di kawasan Indopasifik sekaligus mitra strategis, akan mendorong kerja sama lebih lanjut termasuk upaya untuk mengatasi wabah Covid-19.

Baca Juga : Ikhlaskan, Insya Allah Syahid

“Dalam pertemuan dengan Presiden Jokowi, saya menekankan tekad Jepang untuk memprakarsai upaya-upaya untuk berkontribusi dalam perdamaian dan kesejahteraan di kawasan dengan menyebutkan ASEAN memainkan peran penting dalam mewujudkan Indopasifik yang bebas dan terbuka,” katanya.

Menurut PM Suga, Jepang juga akan bekerja sama dan bergandengan tangan dengan Indonesia bagi terwujudnya perdamaian dan kesejahteraan kawasan berlandaskan kemitraan strategi dua negara. PM Suga juga berharap kunjungannya kali ini mampu memperkuat kerja sama dan kemitraan strategis kedua negara. [USU]