RMco.id  Rakyat Merdeka - Presiden Polandia Andrzej Duda dinyatakan positif Covid-19, usai menjalani tes pada Jumat (23/10). Ia dilaporkan berada dalam kondisi stabil tanpa gejala, dan langsung menjalani karantina.

Info ini disampaikan pejabat setempat pada Sabtu (24/10), di saat Polandia berencana menerapkan berbagai pembatasan baru, untuk mencegah lonjakan Covid-19.

“Kondisi Presiden baik-baik saja. Kami terus memantau kondisi kesehatannya,” ujar Menteri Urusan Kepresidenan Polandia, Blazej Spychalski via akun Twitter-nya, Sabtu (24/10).

Berita Terkait : Ucapkan Hari Santri, Anies Ajak Ikut Perangi Covid-19

Sementara Menteri Kesehatan Waldemar Kraska yakin, pemenang Pemilu 2020 itu tak akan mengalami komplikasi Covid-19. “Presiden masih muda. Saya yakin, ia akan sembuh tanpa komplikasi,” ujarnya kepada radio RMF, seperti dikutip Reuters, Sabtu (24/10).

Salah satu yang berinteraksi cukup dekat dengan Duda, sebelum ia dinyatakan positif Covid, adalah bintang tenis Iga Swiatek.

Swiatek yang belum lama ini memenangkan kejuaraan Prancis Terbuka dan diganjar gelar pahlawan nasional, bertemu Duda pada Jumat (23/10), saat menerima penghargaan Gold Cross of Merit atas jasa-jasanya di bidang olahraga.

Berita Terkait : Buntut Demo Ricuh, Polda Metro Jaya Tetapkan 87 Tersangka, 7 Ditahan

Tak mau ambil risiko, pemain berusia 19 tahun itu langsung menjalani isolasi mandiri. “Saya dan tim tak ada yang mengeluhkan gejala Covid-19. Kami selalu melakukan pengujian secara reguler. Namun, untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk, kami langsung menjalani karantina,” ujar Swiatek via akun Twitternya.

Polandia mengalami lonjakan  tajam dalam kasus Covid-19. Jumat (23/10) lalu, negara yang beribu kota di Warsawa itu mencatat rekor kasus harian 13.632. Hari ini, kenaikan kasus positifnya hanya turun tipis 4 angka, menjadi 13.628. [HES]