Dubes Bagas Hapsoro Perkenalkan Kopi Indonesia Ke Skandinavia

Dubes Bagas Hapsoro (kiri) memperkenalkan kopi kepada masyarakat Swedia tahun lalu. (Foto : KBRI Stockholm).
Klik untuk perbesar
Dubes Bagas Hapsoro (kiri) memperkenalkan kopi kepada masyarakat Swedia tahun lalu. (Foto : KBRI Stockholm).

RMco.id  Rakyat Merdeka - Swedia merupakan negara dengan tingkat konsumsi kopi yang cukup tinggi di dunia. Swedia tercatat berada di peringkat enam sebagai negara dengan peminum kopi terbanyak di dunia.

“Oleh karena itu, saya percaya bahwa kopi Indonesia akan dengan mudah masuk ke pasar Swedia,” ucap Duta Besar Indonesia untuk Swedia Bagas Hapsoro dalam pertemuan dengan Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Ricky Joseph Pesik, Senin (25/3).

Berita Terkait : Ragam Budaya Indonesia Pukau Pengunjung Pameran Wisata Terbesar Skandinavia

Dubes Bagas mengajak Bekraf untuk berpartisipasi dalam Event Kopi di Swedia pada Juni 2019.

“Ini adalah peluang bagus untuk kopi Indonesia yang terkenal, untuk semakin didengar dan dirasakan masyarakat negara - negara di utara, seperti Swedia dan negara Skandinavia lainnya,” kata Ricky, dalam keterangan tertulis, kemarin.

Berita Terkait : I2: Isu Virus Corona Diperbincangkan 124.175 Kali di Medsos

Kopi Gayo adalah salah satu kopi favorit di Swedia. Kualitas dan aroma kopi tersebut menjadikannya sebagai minuman resmi dalam acara penganugerahan Nobel pada 10 Desember di setiap tahunnya. Mei 2018, KBRI Stockholm menggelar kegiatan bertema “The Colours of Indonesia” untuk mempromosikan kopi dan batik.

Acara yang dibuka Dubes Bagas menampilkan tiga kegiatan utama: presentasi kopi spesial (specialty coffee), workshop batik dan fashion show batik.

Baca Juga : Sofyan Djalil: Omnibus Law Jalan Keluar Penciptaan Lapangan Kerja

Para peserta coffee cupping Swedia menyatakan sangat tertarik dengan cita rasa kopi Indonesia. Dalam pertemuan business to business, mereka membicarakan berbagai kerja sama dengan perusahaan asal Indonesia. [DAY