Duta Besar Amerika Serikat Untuk Indonesia Joseph Donovan

Luncurkan Prangko Tematik 70 Tahun AS-Indonesia

Dubes Joseph Donovan (kanan) dan Muhammad Anshor 
memamerkan koleksi prangko tematik menyambut 70 tahun hubungan AS-Indonesia. (Foto : M Qori/ RM).
Klik untuk perbesar
Dubes Joseph Donovan (kanan) dan Muhammad Anshor memamerkan koleksi prangko tematik menyambut 70 tahun hubungan AS-Indonesia. (Foto : M Qori/ RM).

RMco.id  Rakyat Merdeka - Memperingati 70 tahun hubungan diplomatik Amerika Serikat dengan Indonesia, Kedutaan Besar AS bersama Kementerian Luar Negeri Indonesia merilis prangko bergambar khusus dan meluncurkan program “Indonesia USA 70th Youth Ambassador.”

Penerbitan prangko dan program bersama #IndonesiaUSA 70th Youth Ambassadors menandai perayaan peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Washington-Jakarta.

Acara ini dihadiri Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir, Dirjen Amerika dan Eropa Kemlu Muhammad Anshor, dan Dirjen Informasi dan Diplomasi Publik Kemlu Cecep Herawan.

Berita Terkait : Duta Besar RI Addis Ababa Terima Penghargaan Dari Pemuda Ethiopia

“Program ini menunjukkan betapa dekatnya hubungan kedua negara,” ujar Duta Besar AS untuk Indonesia Joseph Donovan di Kementerian Luar Negeri Indonesia, Pejambon, Rabu (10/4).

“Program ini akan memberi kesempatan untuk mempromosikan pluralisme dan demokrasi serta memperkuat hubungan Indonesia dan AS,” sambungnya.

Wakil Menteri Luar Negeri Indonesia AS Fachir juga hadir di acara itu. Dia optimistis hubungan kedua negara terus tumbuh dan berkembang ke arah yang konstruktif dan saling menguntungkan.

Baca Juga : Promosikan Budaya Indonesia, KBRI Den Haag Gelar Perayaan Galungan dan Kuningan

Prangko peringatan 70th hubungan diplomatik RI-AS menampilkan gambar spesies penyu belimbing yang bertelur di kawasan Timur Indonesia dan hidup di perairan Pantai Barat AS. Spesies ini cerminan dari hubungan kemitraan yang melintasi samudra, di mana kedua negara berharap dapat terus berkolaborasi guna kesejahteraan masyarakat serta dunia.

Prangko tersebut rencananya akan dicetak sebanyak 1.000 buah, dan salah satunya ditempatkan di Museum Prangko Indonesia. Sedangkan Program #IndonesiaUSA 70th Youth Ambassadors mengikutsertakan 10 pemuda-pemudi Indonesia berusia 18-25 tahun dari berbagai latar belakang budaya untuk belajar lebih dalam tentang hubungan bilateral Indonesia dan AS.

Mereka akan berada di AS untuk kunjungan selama tiga pekan, menjalin hubungan dan berbaur dengan pemuda pemudi AS.

Baca Juga : Bank DKI Sukses Lakukan Sinergi BUMD, OJK Minta BPD Lain Tiru

Hubungan diplomatik RI-AS dibuka secara resmi pada 28 Desember 1949 dan kini berada pada tahapan Strategic Partnership. Sebuah tahaparı penting bagi Indonesia dan AS untuk secara bersama-sama berbagi tanggung jawab mencari solusi atas tantangan-tantangan global, sembari menguatkan kerja sama strategis antara kedua negara.

Untuk memeriahkan peringatan 70 tahun hubungan bilateral RI-AS, telah direncanakan sejumlah kegiatan di Indonesia dan AS yang masing-masing akan dilakukan perwakilan RI di AS dan perwakilan AS di Indonesia. [DAY]