Lestarikan Lingkungan Hidup

DPR RI Buka Pendaftaran Seleksi Parlemen Remaja 2019

Klik untuk perbesar
Parlemen Remaja. (Foto: parlemenremaja.dpr.go.id).

RMco.id  Rakyat Merdeka - Parlemen Remaja adalah program pelatihan dan pendidikan demokrasi untuk Siswa/i SMA/SMK se-Indonesia yang diselenggarakan Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI.

Tahun ini, Parlemen Remaja mengambil tema "Remaja Peduli Lingkungan: Cinta Bumi Cinta Lingkungan" Parlemen Remaja 2019 akan diselenggarakan pada 2 - 6 September 2019 di Wisma DPR RI, Puncak-Bogor dan Kompleks MPR/DPR/DPD RI, Jakarta.

Peserta yang terpilih akan mendapatkan pembekalan materi dari Anggota DPR RI dan para pakar, pelatihan Simulasi Sidang-Sidang DPR RI, dan Kunjungan Kerja ke kementerian/lembaga mitra DPR RI.

Peserta yang dinyatakan lolos seleksi Parlemen Remaja 2019 akan ditanggung biaya akomodasi, konsumsi, dan transportasi (Bus/Kereta/Pesawat kelas ekonomi) dari daerah asal ke lokasi kegiatan PP (disertai bukti tiket). Selain itu peserta juga akan mendapatkan uang saku, sertifikat, dan perlengkapan kegiatan.

Berita Terkait : Kemnaker Gandeng KLHK Latih 100 Ribu Teknisi Refrigerasi dan AC

Pendaftaran seleksi dilakukan dengan membuat akun lalu mendaftar di parlemenremaja.dpr.go.id dengan mengisi Daftar Riwayat Hidup, mengunggah Essai dengan tema "Komitmen Parlemen Dalam Menjaga Lingkungan Hidup" dan memilih salah satu sub-tema:

1. Kebijakan Impor Sampah (Limbah Non-B3

2. Peluang Penerapan Extended Producer Responsibility (EPR) di Indonesia

3. Waste to Energy (WTE) Sebagai Solusi Pengelolaan Sampah di Indonesia

Berita Terkait : Kemen LHK Gencarkan Pembangunan di Sulawesi dan Maluku

4. Pengurangan/Pengendalian Penggunaan Plastik Sekali Pakai (Single Use Plastic)

5. Penanggulangan Sampah Plastik di Laut (Combating Marine Debris)

6. Pengembangan Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat.

 Selain itu peserta juga harus membuat video kampanye dengan tema "Andai Saya Menjadi Legislator, Apa Yang Akan Saya Lakukan Dalam Menjaga Lingkungan Hidup" lalu di unggah di sosial media pribadi (IG/FB) dan mencantumkan link video kampanye tersebut saat mendaftar di parlemenremaja.dpr.go.id Pendaftaran dibuka sampai tanggal 31 Juli 2019 jam 23.59 WIB di website parlemenremaja.dpr.go.id.

Berita Terkait : Mampu Tingkatkan Aspek Kelanjutan Ekonomi Pelaku Usaha

Ayo jadi bagian dari Parlemen Remaja 2019 Kunjungi kanal informasi kami di : IG: parlemen_remaja* FB: Parlemen Remaja* Twitter: @parlemenremaja_* Line: @parlemenremaja Web: parlemenremaja.dpr.go.id [SRI]