Keren, Penerima Apresiasi Wana Lestari Bisa Ikut Upacara di Istana Negara

Pemenang Lomba dan Penerima Apresiasi Wana Lestari Tingkat Nasional Tahun 2019 saat menerima penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. (Foto: Istimewa).
Klik untuk perbesar
Pemenang Lomba dan Penerima Apresiasi Wana Lestari Tingkat Nasional Tahun 2019 saat menerima penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. (Foto: Istimewa).

RMco.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memberikan penghargaan kepada para pemenang lomba dan penerima Apresiasi Wana Lestari Tingkat Nasional Tahun 2019.

Lomba dan apresiasi Wana Lestari ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan peran aktif peserta dalam pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan.

Para pemenang lomba dan penerima apresiasi dihadirkan ke Jakarta melalui kegiatan Temu Karya Pemenang Lomba dan Penerima Apresiasi Wana Lestari Tingkat Nasional Tahun 2019.

Kegiatan Temu Karya ini diselaraskan dengan kegiatan kenegaraan, yaitu rangkaian acara Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-74, "SDM Unggul Indonesia Maju", di mana para peserta akan mengikuti Sidang bersama DPD RI-DPR RI pada tanggal Jumat (16/8) di Gedung MPR RI.

Bagi para teladan terbaik nasional mendapat kesempatan mengikuti Upacara Detik-detik Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus 2019 di Istana Negara.

Bertempat di Hotel Santika Primier Slipi Jakarta, Pada (15/8), kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM KLHK, Helmi Basalamah.

Berita Terkait : Tunda Penebangan Pohon, KLHK Salurkan Pinjaman Rp 27 M

Hadir pada pembukaan ini Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim, Ruandha Agung Sugardiman, Ketua Umum Ikatan Penyuluh Kehutanan Indonesia (IPKINDO), Eka Widodo Soegiri, para pejabat tinggi Pratama lingkup KLHK yang terkait kategori lomba, serta tamu undangan lainnya.

Pada sambutan dan arahannya, Kepala Badan atas nama pimpinan dan segenap jajaran Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, memberikan apresiasi dan ucapan selamat dan sukses, serta harapan kepada para pemenang lomba dan penerima apresiasi Wana Lestari Tahun 2019 untuk terus berkarya demi kejayaan dan kemakmuran masyarakat.

"Pemilihan para penerima penghargaan ini adalah salah satu bentuk apresiasi pimpinan KLHK pada perjuangan para Champions semua dalam mensukseskan kerja KLHK membangun sektor Lingkungan Hidup dan Kehutanan," ujar Helmi.

Peserta Temu Karya Pemenang Lomba dan Apresiasi Wana Lestari Tahun 2019 yang dihadirkan ke Jakarta sebanyak 45 orang, terdiri dari :

1. Penyuluh Kehutanan PNS sebanyak 6 orang (Terbaik I s.d. Harapan III)

2. Kelompok Tani Hutan (KTH) sebanyak 6 orang (Terbaik I s.d. Harapan III)

Berita Terkait : Atasi Karhutla, Pemerintah Tegakkan Hukum Multidoor

3. Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat (PKSM) sebanyak 6 orang (Terbaik I s.d. Harapan III)

4. Kader Konservasi Alam (KKA) sebanyak 3 orang (Terbaik I s.d. III)

5. Kelompok Pecinta Alam (KPA) sebanyak 3 orang (Terbaik I s.d. III)

6. Izin Usaha Pengelolaan Hutan Kemansyarakatan (IUPHKm) sebanyak 4 orang (Terbaik I s.d. Harapan I)

7. Hak Pengelolaan Hutan Desa (HPHD) sebanyak 4 orang (Terbaik I s.d. Harapan I)

8. Polisi Kehutanan (POLHUT) sebanyak 3 orang (Polhut Trengginas, Polhut Tangguh, dan Polhut Inovatif)

Berita Terkait : Sekjen KLHK Terima Lencana Melati Pramuka dari Presiden Jokowi

9. Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) sebanyak 3 orang

10. Manggala Agni sebanyak 3 orang

11. Masyarakat Peduli Api (MPA) sebanyak 3 orang

12. Pengelola Hutan Adat sebanyak 1 orang

Pada kesempatan ini para teladan tingkat nasional ini berbagi pengalaman dan menjawab beberapa pertanyaan berkaitan dengan hal-hal yang melatar belakangi kiprah dan prestasinya dalam mendukung pembangunan kehutanan di tingkat tapak.
 Selanjutnya