Gelar Kebangsaan 2019, KLHK Wujudkan Smart ASN

Sekretaris Jenderal KLHK, Bambang Hendroyono saat membacakan informasi kepada publik tentang program-program yang dilaksanakan KLHK selama tahun 2015-2019. (Foto: Humas KLHK).
Klik untuk perbesar
Sekretaris Jenderal KLHK, Bambang Hendroyono saat membacakan informasi kepada publik tentang program-program yang dilaksanakan KLHK selama tahun 2015-2019. (Foto: Humas KLHK).

RMco.id  Rakyat Merdeka - Beragam Inovasi dan kinerja Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) periode tahun 2015-2019 ditampilkan pada acara Gelar Kebangsaan Tahun 2019.

Kegiatan ini menjadi unjuk transformasi SDM Unggul Bidang Llingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) serta menjadi salah satu sarana mewujudkan Smart Aparatur Sipil Negara (Smart ASN) di lingkungan KLHK.

Beragam Inovasi dan kinerja Kementerian LHK periode tahun 2015-2019 ditampilkan pada acara Gelar Kebangsaan Tahun 2019. Kegiatan ini menjadi unjuk transformasi SDM Unggul Bidang LHK serta menjadi salah satu sarana mewujudkan Smart Aparatur Sipil Negara (Smart ASN) di lingkungan KLHK.

Berita Terkait : Kenduri Kebangsaan di Aceh, Wakil Ketua MPR: Untuk Sembuhkan Luka Pemilu dan Pilpres

"SDM yang berkualitas merupakan modal penting memasuki era ekonomi berbasis digital. Kita bangun generasi bertalenta yang berkarakter dan mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi. SDM unggul dan berkualitas merupakan fondasi utama negara Indonesia kuat, sebagaimana tema HUT RI ke-74 yaitu SDM Unggul Indonesia Maju," ujar Menteri LHK, Siti Nurbaya dalam sambutan pembukaan acara tersebut yang dibacakan oleh Sekretaris Jenderal KLHK, Bambang Hendroyono.

Menteri Siti menekankan jika fondasi SDM yang berkualitas merupakan modal intelektual dan sosial yang penting guna menyiapkan Indonesia sebagai kekuatan ekonomi global di masa mendatang.

Dijelaskan pula jika World Economic Forum (WEF) memprediksi pada tahun 2030 Indonesia akan menjadi kekuatan ekonomi keempat terbesar di dunia, sehingga upaya mewujudkan peningkatan kualitas SDM menjadi komitmen pemerintah saat ini.

Berita Terkait : Kelola Dana Keolahragaan, LPDUK dan ISSI Teken Kerjasama

Pada acara berformat pameran ini, ditampilkan kinerja, serta apresiasi dan penghargaan atas berbagai inovasi dibidang pelayanan publik KLHK yang berasal dari aspek perencanaan, pengelolaan, pemanfaatan, pengawasan sampai dengan pelaksanaan reformasi birokrasi, Kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan informasi kepada publik tentang program-program yang dilaksanakan KLHK selama tahun 2015-2019.

Beberapa unggulan inovasi KLHK diantaranya adalah Sistem Informasi Legalitas Kayu (SILK), Sistem Informasi Monitoring Karhutla (SIPONGI), Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER), Sistem Penata Usahaan Hasil Hutan (SIPUHH), Sistem Monitoring Hutan Nasional (SIMONTANA) dan sebagainya, serta Alat Identifikasi Kayu Otomatis (AIKO) yang baru di launching pada acara ini.

Inovasi-inovasi merupakan wujud kreasi Smart ASN KLHK dalam mempermudah ,memperlancar dan memotong rantai birokrasi dalam hal pelayanan publik dengan pendekatan teknologi informasi yang saat ini sangat berkembang di era revolusi industri 4.0.

Baca Juga : Kapan Virus Corona Wafat? Wallahualam

"Peningkatan kualitas SDM yang mewakili perubahan tidak boleh stagnan, harus setara dengan perkembangan zaman, atau bahkan berkembang melampaui skill dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menjalankan pemerintahan modern di masa mendatang", harap Menteri Siti.
 Selanjutnya