RMco.id  Rakyat Merdeka - Sebagian wilayah Riau dan Jambi kembali diguyur hujan pada hari Selasa (24/9) setelah dilaksanakan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) di dua wilayah tersebut. Posko Palembang hari ini juga dibuka kembali untuk operasi TMC untuk menjangkau wilayah Provinsi Jambi dan Sumatera Selatan.

Operasi TMC di Provinsi Jambi selama dua hari ini ditugaskan pada tim TMC Posko Riau. Namun, esok hari operasi di wilayah Provinsi Jambi akan lebih dioptimalkan dengan dibukanya Posko TMC Sumsel hari ini,” ujar Hammam Riza, Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) di Jakarta, Selasa (24/9).

Berita Terkait : Indonesia Sampaikan Keberhasilan Penurunan Deforestasi di Pertemuan PBB

Kepala Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca (BBTMC-BPPT), Tri Handoko Seto mengatakan sepanjang hari ini tim TMC BPPT telah berupaya maksimal menjangkau dua wilayah sekaligus untuk dilakukan penyemaian awan.

“Tim kami terus bekerja keras sepanjang hari ini untuk menabur CaO atau kapur tohor dan melaksanakan penyemaian awan secara simultan. Bersyukur, hujan turun kembali di beberapa wilayah di Riau dan Jambi pada Selasa sore hari,” ujarnya.

Berita Terkait : KLHK Sebut 5 Perusahaan Jadi Tersangka Karhutla

Pada penerbangan pertama pagi hari, pesawat Hercules C 130 yang membawa flight scientist BBTMC BPPT dan TNI AU terbang dari landasan pacu Roesmin Nurjadin dengan membawa 2.000 kg CaO dan 2.000 NaCl.
 Selanjutnya