Barcelona Vs Athletic Bilbao

Tanpa Messi, Griezmann Aji Mumpung

Klik untuk perbesar
Antoine Griezmann. (Foto : istimewa)

RMco.id  Rakyat Merdeka - La Liga Spanyol mulai bergulir. Barcelona mengawali langkahnya dengan melawat ke Athletico di San Mames, Sabtu (17/8) dini hari WIB.

Barcelona memiliki rekor head to head yang baik saat mereka hadapi Athletic Bilbao baru-baru ini, setelah memenangkan sembilan dari 13 pertemuan terakhir mereka. Skuad asuhan Ernesto Valverde itu ditahan imbang di kedua pertandingan liga melawan Bilbao musim lalu.

Barca meraih gelar La Liga ke-26 mereka di musim lalu, unggul 11 poin atas runner-up, Atletico Madrid, dan 19 poin di depan rival abadi mereka, Real Madrid. Itulah yang pasti terjadi di kedua pertemuan liga mereka melawan Bilbao yang berakhir 1-1 dan 0-0, dua dari sembilan hasil imbang yang dibukukan raksasa Catalan tersebut di 38 pertandingan La Liga mereka.

Berita Terkait : Messi Datang, Barca Malah Tumbang

Tapi, meskipun para pemain baru ditetapkan akan bermain, mereka masih membutuhkan waktu beberapa pekan untuk menyesuaikan diri. Sementara bintang utama Blaugrana, Lionel Messi, mengalami cedera betis.


Bilbao menjalani awal musim lalu secara buruk, tapi berhasil membalikkan keadaan dengan baik untuk menyelesaikan musim 2018/19 di urutan kedelapan, setelah Gaizka Garitano menggantikan Eduardo Berizzo pada Desember tahun lalu. Penampilan kandang mereka secara keseluruhan juga sangat kuat sebelum laga akhir pekan ini.

Mereka belum merasakan kekalahan di San Mames sejak Oktober, dan dipastikan akan mati-matian untuk menambah rekor tidak terkalahkan mereka di San Mames, menjadi 14 pertandingan beruntun.

Berita Terkait : Menpora Apresiasi Atlet Sambo yang Raih Medali di Kejuaraan Asia dan Dunia

Empat laga terakhir antara kedua tim seluruhnya berjalan cukup ketat, di mana tercipta rata-rata di bawah 2,5 gol. Situasi yang sama kemungkinan terjadi Sabtu nanti. Sementara 11 dari 14 pertandingan kandang terakhir Bilbao berakhir di bawah 2,5 gol, Los Leones mencetak 12 gol dalam 14 laga kandang i t u , sementara Barca kebobolan dalam lima dari tujuh laga tandang terakhir mereka.

Lionel Messi akan absen pada pertandingan pembuka musim ini akibat cedera betis. Sementara kiper baru, Neto, absen karena cedera tangan. Marc-Andre ter Stegen akan menggantikannya, dan rekrutan anyar Antoine Griezmann diharapkan akan dimainkan sebagai starter untuk membantu Luis Suarez.

Pemain baru De Jong tampaknya juga akan diturunkan Valverde. Barcelona telah meraih dua gelar domestik dalam dua musim terakhir. Kehadiran Antoine Griezmann di lini depan mereka yang sudah tangguh akan membuat klub Catalan itu kembali menjadi favorit untuk meraih mahkota La Liga ketiga berturut-turut musim ini.

Berita Terkait : Barcelona Menang, Atletico Tumbang


Barca tidak hanya akan berupaya untuk memperpanjang hegemoni mereka di kompetisi domestik. Usai menghabiskan 250 juta euro pada bursa transfer musim panas ini, Barca tentu ingin memenangkan Liga Champions setelah musim lalu disingkirkan Liverpool di semi- final. [DNU]