Liga Champions

Barcelona Vs Borussia Dortmund, Saatnya Ansu Unjuk Gigi

Klik untuk perbesar
Ansu Fati. (Foto : istimewa)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Barcelona bakal bertandang ke Signal Iduna Park, markas Borussia Dortmund di pekan perdana babak penyisihan grup Liga Champions 2019/2020, Rabu (17/9) dini hari nanti WIB. Dengan masih cederanya Lionel Messi, Barca kemungkinan bakal mengandalkan Ansu Fati, penyerang muda mereka.

Messi yang selama lebih dari satu dekade menjadi andalan Barcelona di lini depan, masih belum sembuh dari cedera. Dia belum juga turun hingga laga keempat Barcelona di Liga Spanyol musim ini.

Pelatih Barca, Ernesto Valverde mengungkapkan, Messi belum bisa dipastikan dapat tampil di Liga Champions. Artinya, ini ke sempatan bagi pemain lain untuk unjuk gigi. “Kami tidak tahu apakah dia akan siap untuk Selasa (melawan Borussia Dortmund) atau setelah laga itu. Kami harus memaksimalkan seluruh pemain yang ada dan saya pikir kami memiliki punggawa untuk melakukan ini,” beber Valverde.

Berita Terkait : Arsenal Vs Bournemouth, Ujian Ozil

Jika Messi absen, Barcelona tetap memiliki lini serang yang berbahaya. Bukan cuma Luis Suarez dan Antoine Griezmann, dua nama yang menjadi jaminan barisan penyerang Blaugrana. Masih ada Ansu Fati, pemain muda yang tengah naik daun, yang bisa diandalkan oleh Barca.

Menilik penampilannya di awal musim ini, Ansu Fati berhasil mencetak dua gol dan satu assist dalam tiga laga bersama Barca di Liga Spanyol. Dalam data Whoscored, penyerang yang masih berusia 16 tahun itu mendapatkan nilai rata-rata 7,25.

Jika dirinci lebih jauh, dalam tiga laga di Liga Spanyol, Ansu Fati melepaskan enam tembakan, dua di antaranya dari luar kotak penalti, dan empat lainnya di wilayah terlarang. Selain itu, dari tiga tembakan yang mengarah ke gawang, Ansu bisa mencetak dua gol, satu ke gawang Real Betis dan satu ke gawang Valencia.

Berita Terkait : Suarez Dua Gol, Barcelona Tekuk Inter Milan

Apalagi dalam laga terakhir melawan Valencia di Camp Nou, Minggu (15/9), ia mampu menorehkan gol cepat pada menit ke-2.Gol itu penting karena Ansu ditampilkan untuk pertama kalinya sebagai starter.

Selain itu, sang pemain muda juga memberikan assist untuk gol kedua Barca oleh Frenkie de Jong. “Dia fokus dan bagus dalam ber main. Ini tidak normal bisa mencetak gol dengan sentuhan pertama, memberi assist untuk gol yang kedua dan hampir mencetak gol yang ketiga. Sangat bagus untuk mengetahui levelnya saat ini dan melihat kecepatan kinerjanya, sehingga dia bisa berkontribusi lebih banyak untuk kami,” beber Valverde.

Dalam dua laga awal, Ernesto Valverde selalu menurunkan Ansu Fati sebagai pemain pengganti. Sementara itu, Bekas pemain Barca Paco Alcacer berharap Lionel Messi tidak bermain di pertandingan Borussia Dortmund vs Barcelona.

Berita Terkait : Susah Payah, Liverpool dan Chelsea Raih Tiga Poin

Ia juga mengungkapkan seberapa besar pengaruh megabintang asal Argentina itu dalam skuat beralias Blaugrana. Paco Alcacer merupakan pemain yang pernah berseragam Blaugrana. Penyerang berusia 26 tahun ini berstatus pemain klub yang bermarkas di Stadion Camp Nou pada periode 2016- 2019. Ia mengungkapkan betapa besar pengaruh Messi dalam skuat Barcelona baik di dalam maupun luar lapangan. [KW]

RM Video