Piala Presiden Diharapkan Jadi Contoh Turnamen Yang Transparan

Klik untuk perbesar
Menpora Imam Nahrawi menyalami para pemain Persib Bandung di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (2/3). (Foto : kemenpora)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Pertandingan pembuka Piala Presiden 2019 yang disaksikan Menpora Imam Nahrawi, mempertemukan sesama punggawa tim Jawa Barat yang berada di Group A yaitu Kesebelasan Persib Bandung vs Tira-Persikabo Bogor. Duel maut sesama Bumi Pasundan terjadi di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (2/3) sore.

Yang mengejutkan karena The Armay julukan PS Tira-Persikabo mampu mengungguli Maung Bandung 2-1. Apapun hasil akhir kedua tim pada laga pembuka turnamen bergengsi ini, Piala Presiden menunjukkan kolaborasi yang apik antara PSSI, penyelenggara, wasit, pemain, sponsor, dan masyarakat yang terus bergeliat dalam ekonomi kreatif. 

"Terima kasih semuanya, ini role models yang baik untuk dikembangkan. Transparansi, akuntabilitas dalam penyelenggaraan, antusias sponsor, dan tumbuh kembangnya ekonomi kerakyatan yang menyertai setiap pertandingan menandakan bahwa sesungguhnya sepakbola selain untuk prestasi juga sebagai hiburan yang menggembirakan," kata Menpora usai menonton pertandingan dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (2/3).

Selain itu, momen penting ini juga mengiringi kemenangan Timnas U-22 menjadi kampiun di ajang AFF, artinya kebangkitan sepakbola di Asia Tenggara mulai terlihat nyata. Perlu dukungan dan doa seluruh masyarakat agar sepakbola Indonesia terus berprestasi membanggakan ibu pertiwi.

Berita Terkait : Besok, Borneo FC Siap Taklukan Persib Bandung


"Penyelenggara yang baik, para wasit memimpin dengan adil, para pemain bermain sportif, para suporter mendukung dengan positif, pasti haslnya yang juara benar-benar yang terbaik. Timnas U-22 telah membuktikan, mari kita doakan agar Iolos di Piala Asia dan diakhir tahun dapat menjadi juara di SEA Games," tambahnya.

Sebagai informasi, turnamen pramusim yang lazim dimanfaatkan klub-klub untuk menguji coba pemain dan strategi untuk liga musim 2019 ini diikuti 20 klub, seluruh peserta Liga 1 dan perwakilan Liga 2 yakni Mitra Kukar dan Persita Tangerang, serta dibagi ke dalam lima grup di lima kota yang mulai digelar pada 2 Maret - 12 April 2019.

Nilai hadiah meningkat dibanding tahun lalu yaitu Juara pertama akan mendapatkan Rp 3,5 miliar yang tahun lalu hanya 3,3 miliar, peringkat kedua meraih Rp 2,35 miliar, peringkat ketiga dan keempat masing-masing meraup Rp 825 juta.

PSSI menjelaskan bahwa untuk penyelenggaraan ke-4 ini menerapkan format baru khusus untuk laga final. Tidak seperti edisi-edisi sebelumnya, Piala Presiden 2019 menerapkan format kandang-tandang untuk laga final. [WUR]

Berita Terkait : Gatot Ingatkan Kiper Persib Waspadai Borneo FC

Berikut Stadion Pertandingan dan Tim Peserta di Piala Indonesia 2019:


1. Group A di Stadion Si Jalak Harupat Bandung: Persib Bandung, Tira-Persikabo, Perseru Serui, Persebaya Surabaya. 

2. Goup B di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi: Bhayangkara FC, Semen Padang, Bali United, Mitra Kukar (Liga 2). 

3. Group C di Stadion Moch Soebroto Magelang: PSM Makassar, Kalteng Putra, PSIS Semarang, Persipura Jayapura. 

Berita Terkait : Libur Hari Buruh, Presiden Jokowi Ajak Keluarga ke Mal

4. Group D di Stadion Maguwoharjo Sleman: PSS Sleman, Madura United, Persija Jakarta, Borneo FC.

 5. Group E di Stadion Kanjuruhan Malang: Persita Tangerang (Liga2), Persela Lamongan, Arema FC, Barito Putera. 

RM Video