Ketua KPSN Tolak Undangan VIP Piala Presiden

Klik untuk perbesar
Ketua KPSN Suhendra saat diwawancarai wartawan. (Foto : Wuryanto/RM)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Ketua Komite Perubahan Sepak Bola Nasional (KPSN) Suhendra Hadikuntono menolak duduk di kursi Very Important Person (VIP) Invitation dalam kick off atau acara pembukaan Piala Presiden 2019 yang digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (2/3/2019) pukul 15.30 WIB.

Pasalnya, ia merasa tak pantas duduk di kursi terhormat itu. Acara dibuka Menteri Pemuda dan Olah Raga Imam Nahrawi mewakili Presiden Joko Widodo. “Mohon maaf kepada PSSI.Tiada alasan lain, hanya merasa tak pantas saja karena belum berbuat apa-apa di PSSI,” ungkap Suhendra Hadikuntono kepada wartawan di sekitar Stadion Si Jalak Harupat menyampaikan alasannya sambil tersenyum.

Berita Terkait : Pertamina Gelar Pangan Murah di Pangandaran


Meski dikenal sebagai inisiator dan motor penggerak perubahan sepak bola Indonesia, dengan low profile Suhendra berujar, "Saya tidak penting, dan siapa saya? Yang paling penting adanya kita bisa dirasakan dampaknya atau tidak, sebagai ilustrasi lahirnya KPSN yang melahirkan pemberantasan match fixing yang berujung pada mundurnya Edy Rahmayadi dari jabatan Ketua Umum PSSI dan dibentuknya Satgas Antimafia Bola yang sudah berhasil menetapkan 16 tersangka, termasuk pengurus PSSI, hingga perubahan pun terjadi dalam prestasi sepak bola nasional."

Undangan VIP Invitation Piala Presiden 2019 untuk Suhendra itu ditandatangani Ketua Steering Committee Maruarar Sirait dan Ketua Organizing Committee Iwan Budianto. Dalam undangan yang fotonya diperoleh awak media disebutkan, undangan hanya berlaku untuk satu orang dan harap dibawa untuk registrasi.

Berita Terkait : Zaken dan Legacy

Adapun dress code (kode pakaian) yang tertera di undangan itu ialah pakaian formal dengan tidak memakai celana pendek dan sandal jepit.


Laga pembuka Piala Presiden 2019 mempertemukan Persib Bandung versus PS Tira Persikabo yang kick off pukul 16.00 WIB. Sementara laga kedua digelar pukul 19.00 WIB antara Perseru Serui vs Persebaya Surabaya.

Berita Terkait : Menpora Minta E-Sport Piala Presiden Digelar Lagi

Turnamen yang akan berlangsung hingga 12 April 2019 ini diikuti 20 tim yang akan memperebutkan trofi dan gelar juara Piala Presiden 2019. Sebanyak 18 tim berasal dari kompetisi Liga 1/2018 dan 2 tim dari kompetisi Liga 2/2018. Sebanyak 20 tim kemudian dibagi menjadi 5 grup di babak penyisihan. [WUR]

RM Video