Alex Noerdin Cup, Wujud Peduli Generasi Muda

Klik untuk perbesar
Alex Noerdin (kedua kanan) bersama Ketua Umum Badan Sepakbola Rakyat Indonesia (BASRI) Eddy Sofyan, saat konferensi pers Alex Noerdin Cup yang akan mengundang mantan bintang sepakbola dunia Ronaldinho. (Foto: Istimewa)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Mantan Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) dua periode (2008-2018) Alex Noerdin memiliki kepedulian yang besar terhadap generasi muda. Hal itu ditunjukan dengan menggelar event sepakbola Alex Noerdin Cup, pada 30 Maret - 1 April 2019. Tidak tanggung-tanggung, untuk memeriahkan acara tersebut, Alex menghadirkan The King of Dribbling Ronaldinho. Alex yang menjabat Wakil Ketua PB PRSI (Pengurus Besar Perhimpunan Renang Seluruh Indonesia), mengaku bukan pecinta sepakbola. Namun, ia memiliki kepedulian kepada cabang olahraga yang menghibur dan banyak disukai masyarakat.

Berita Terkait : Alex Noerdin Sambut Agen Bintang Dunia Ronaldinho

“Saya punya pengalaman semasa jadi Bupati Musi Banyuasin. Waktu itu, saya mengundang eks pemain Manchester United, untuk melatih 20 anak-anak Musi Banyuasin berumur 10-12 tahun, yang punya talenta bermain sepakbola,” jelas Alex. Yang menarik, lanjutnya,  pelatih eks pemain Manchester United itu sama sekali tidak mengajari anak-anak bermain sepakbola dalam tiga bulan pertama. Yang lebih dulu diprioritaskan adalah perbaikan gizi. "Baru pada bulan keempat dan keenam dilatih dengan baik. Mereka dibiayai, disekolahkan, dan diasramakan. Terus, ketika mengikuti kejuaraan tingkat nasional, tampil sebagai juara dua,” kenang Alex.

Baca Juga : Erwin Aksa Temani Sandi Kampanye Di Lamongan

Hal itu membuat Alex merasa yakin, talenta anak akan tumbuh dan berkembang jika dibina dan difasilitasi dengan baik. Rencananya, mantan Ketua Bidang Dana PB PABSI (Pengurus Besar Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia) periode 2006-2011 ini akan mengambil 5.000 anak bertalenta di seluruh kabupaten di Sumsel. Lalu, disaring menjadi 50 anak. Nantinya, mereka akan dipertandingkan dengan tim lokal. "Pemainnya dipilih, dapat coaching clinic di Jakabaring. Maret nanti, tampil melawan Indonesia All Star plus Ronaldinho d Jakabaring. Ronaldinho juga akan kasih coaching clinic satu jam," ujarnya. 

Baca Juga : Rawan Narkoba, Daerah Perbatasan di Kalbar

Alex berharap, program pengembangan bakat generasi muda di bidang olahraga, bisa diikuti di daerah lainnya. "Untuk Sumsel, Insya Allah bakal berlangsung secara berkesinambungan," ujarnya. [WUR]

RM Video