Bukan Debat, Hanya Klarifikasi

Prof. Tjipta Lesmana

RMco.id  Rakyat Merdeka - AkbarTandjung, Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar, menyatakan keherannya setelah mengetahui “kebocoran” pertanyaan-pertanyaan yang bakal diajukan kepada para calon presiden dan calon wakil presiden pada acara “Debat Capres-Cawapres” tanggal 17 Januari nanti.

Yang membocorkan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Kenapa? “Pembocoran kisi-kisi materi debat presiden-wakil presiden merupakan kesepakatan semua pihak,” kata Ketua KPU, Arief Budiman sejujurnya. Awalnya, KPU membantah sengaja membocorkan pertanyaan-pertanyaan debat. Yang membocorkan kepada publik pasti anggota Tim Sukses kedua belah pihak.

Kisi-kisi adalah istilah yang sangat populer di dunia kampus Indonesia. Menjelang ujian semester, mahasiswa biasanya minta dosennya memberikan kisi-kisi soal ujian. Karena permintaan diajukan sambil “merengek” dan terus-menerus dengan suara keras, dosen pun merasa iba. Maka, diberikanlah sedikit “bocoran”, sehingga mahasiswa diberitahukan konsentrasi pada pertanyaan-pertanyaan ini. Selebihnya boleh diabaikan.

Akbar Tandjung heran, kalau peserta debat sudah tahu apa kira-kira yang bakal ditanyakan oleh Moderator dalam acara debat, apa itu masih bisa disebut debat? Harian ini malah bertanya: “Mau debat atau lomba hafalan?” Lebih keras lagi kritik yang dilontarkan Wakil Presiden, Jusuf Kalla. “Kalau pertanyaannya dibuka duluan, berarti timnya yang akan menjawab; padahal yang mau diuji adalah kemampuan pasangan!”

Sebenarnya, di balik jawaban Ketua KPU bahwa pembocoran kisi-kisi pertanyaan debat atas kesepakatan semua pihak mengandung makna yang dalam, meski sinis, yaitu ada keraguan terhadap kemampuan peserta debat untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang meluncur dari mulut Moderator.

Kalau peserta debat terkejut, grogy, dan wajahnya berubah merah karena gelagapan menerima pertanyaan yang di luar dugaan dan tak mampu dijawabnya, apa yang bakal terjadi? Sama juga merendahkan martabat calon presiden atau calon wakil presiden bukan?
 Selanjutnya 

RM Video