SHAMSI ALI
SHAMSI ALI

 Sebelumnya 
Khusus untuk bangsa Indonesia yang sedang dalam suasana kehangatan politik. Khususnya dalam konteks pilpres saat ini. Tentu perlu sikap bijak yang lebih besar. Jangan sampai isu Uighur kemudian jadi santapan lezat kepentingan politik dan pilpres. Untuk itu, saat ini dan hari-hari mendatang, perlukan pencarian informasi akurat.

Sudah pasti informasi yang akurat hanya bisa didapat dengan akses langsung ke lokasi dan mendapatkan informasi itu langsung dari warga Uighur sendiri. Selama Pemerintahan Komunisme China menutup rapat akses ke daerah Turkistan Timur atau Xingjian ini, selama itu pula informasi yang didapatkan bersifat “ambigu” dan tidak pasti.

Berita Terkait : Jangan Khianati Nilai Kemanusiaan, Agama & Konstitusi

Ketertutupan Pemerintah China dari dunia luar, tentu sekaligus membangun kecurigaan besar jika informasi pelanggaran HAM ini adalah fakta dan benar. Sebab jika informasi kekerasan pelanggaran HAM itu tidak ada, kenapa justru menutup diri dari akses dunia luar?

Karenanya hal yang terbaik adalah, segera dibentuk tim independen dunia Islam dan dunia internasional untuk melakukan “fact finding” (pencarian fakta). Dan pemerintah China segera memberikan akses penuh kepada tim ini untuk melakukan investigasi. [Bersambung]`

Berita Terkait : Beragam Isu Seram Pelanggaran HAM

Imam Shamsi Ali ; Presiden Nusantara Foundation, Imam Islamic Center New York, Direktur Jamaica Muslim Center, New York, Pendiri Pondok Pesantren Di AS, dan Diaspora Indonesia di Kota New York