Saling ``Tampar`` Di Awal Tahun Tikus

DR Ki Rohmad Hadiwijoyo
DR Ki Rohmad Hadiwijoyo

RMco.id  Rakyat Merdeka - Kisruh kasus suap komisioner KPU semakin ramai dan pihak yang terlibat saling tampar untuk mencari selamat. Tahun tikus bukan dimaknai sebagai hokinya para koruptor. Shio Tikus Logam tidak ada hubungan dengan watak dan perilaku binatangnya.

Konon tahun Tikus menjadi tahun pertama astrologi China karena kecerdikan tikus mengalahkan binatang lainnya. Binatang saling berebut menuju pintu gerbang nirwana. Perjalanan ke nirwana tidaklah mudah harus melewati sungai yang sedang dilanda banjir bandang.

Tikus melompat naik di atas punggung kerbau untuk dapat menyeberangi sungai. Begitu sudah mendekati tepian sungai tikus melompat dan menjadi binatang pertama masuk nirwana. Disusul ker bau sebagai binatang kedua dan seterusanya.

“Menurut cerita di atas tikusnya yang cerdik atau curang, Mo?” celetuk Petruk. Romo Semar hanya mesem tidak serta merta mau menanggapi Petruk. Semar memilih enjoyed menikmati legitnya kue ranjang dicocol parutan kelapa.

Berita Terkait : Garuda Penangkal Virus

Kepulan asap rokok kelobot menambah nikmatnya kopi pahit. Hembusan angin dingin sisa guyuran hujan semalam membuat malas untuk beraktivitas. Romo Semar teringat betapa kacau balaunya kerajaan Amarta karena hengkangnya Dewi Sri .

Kocap kacarito, Dewi Sri adalah dewi kemakmuran yang menjaga ketahanan pangan dan hasil pertanian Amarta. Keberadaan Dewi Sri membuat kerajaan Amarta gemah ripah loh jinawe murah pangan, papan dan sandang.

Suatu ketika Dewi Sri gerah melihat perilaku para elite Amarta yang mulai tidak konsisten memikirkan kesejahteraan rakyatnya. Para elite lupa diri mementingkan dirinya sendiri. Akibatnya Dewi Sri pergi meninggal kan Amarta.

Prabu Kresna sebagai penasehat Pandawa prihatin dengan keadaan Amarta. Kresna menemui Puntodewa untuk mencari keberadaan Dewi Sri. Prabu Kresna menugaskan Probo Kusuma untuk memboyong kembali Dewi Sri Ke Amarta.

Berita Terkait : Semar Mbangun Kerajaan Agung

Probo Kusuma adalah anak Harjuna perkawinannya dengan bidadari Dewi Suprobo. Sedangkan Dewi Suprobo adalah anak Dewa Indra dari Khayangan. Mendapat tugas yang tidak ringan, Probo Kusuma minta tolong Semar untuk ikut mencari keberadaan Dewi Sri.

Probo Kusuma mendapat kabar dari Dewa Indra kalau Dewi Sri menetap tinggal di kerajaan Jong Biraji. Maka tanpa membuang waktu, Probo Kusuma menuju Jong Biraji untuk menjemput Dewi Sri.

Kedatangan Probo Kusuma rupanya diketahui Prabu Nila Tatsaka. Nila Tatsaka adalah anak raja Prabu Siren Trenggono Raja Jong Biraji. Nila Tat saka naksir berat dan jatuh hati kepada Dewi Sri. Terjadilah perang tanding un tuk memperebutkan Dewi Sri antara Probo Kusuma dan Nila Tatsaka.

Kesaktian Probo Kusuma hampir imbang melawan Nila Tatsaka. Nila Tat saka twikrama mengubah wujudnya menjadi ular besar. Probo Kusuma tidak gentar melihat wujud ular besar jelmaan Nila Tatsaka. Dilepaskanlah pa nah sakti dan mengenai leher ular jadi jadian tersebut.

Berita Terkait : Strategi Setengah Hati Amerika

Nila Tatsaka mengaku kalah dan merelakan Dewi Sri diboyong kembali ke Amarta. Nila Tat saka minta diperbolehkan ikut ke Amarta untuk menjaga Dewi Sri dari gangguan serangan hama tikus sawah milik petani.

Dewi Sri bersedia diboyong kembali asal para elite Amarta mau berubah. Dewi Sri akan konsisten menjaga kesuburan padi para petani. Dan Nila Tatsaka membantu mengusir hama tikus yang merusak tanaman padi. Sehingga hasil panen petani melimpah dan kelangsungan pangan Amarta terjaga dengan baik.

“Watak tikus tidak ada hubungannya dengan tahun tikus, Mo,” celetuk Petruk mengingatkan. “Betul Tole. Cuma saja tahun tikus logam dapat mempengaruhi perilaku manusia. Secara positif akan muncul politisi pemberani yang tajam dan kritis seperti watak logam dalam memperjuangkan kepentingan rakyat.

Namun sisi negatifnya tahun tikus dapat mengubah watak seseorang menjadi kasar dan ceroboh. Seperti perilaku “nabok nyilih tangan” memanfaatkan orang lain untuk kepentingan diri sendiri.” Oye ***