Agama Dan Pemberantasan Kemiskinan (3)

Manusia Makin Rakus, Kasih Sayang Jadi Minim Bahkan Hilang

SHAMSI ALI

RMco.id  Rakyat Merdeka - Dalam statistik terakhir disebutkan, hampir seperdua penduduk dunia hidup dengan kurang dari 2.50 dolar AS per hari.

Sepertiga di antaranya hidup dengan kurang dari 1.25 dolar AS. Satu milIar anak-anak dunia hidup dalam kemiskinan, dan 22 ribu anak meninggal setiap harinya karena kemiskinan.

Berita Terkait : Man-Made Disasters Dan Mismanagement

Pertanyaan yang kemudian timbul adalah apa penyebab utama kemiskinan ini? Apakah dunia kekurangan bahan (resources) untuk mencukupi kebutuhan manusia? Saya melihatnya banyak faktor yang menjadi penyebab terjadinya kemiskinan itu.

Tapi saya membatasi diri pada tiga faktor utama. Pertama, kerakusan manusia (human greed). Ketika manusia dirasuki kerakusan atau ketamakan maka nilai-nilai kasih sayang (compassion) menjadi sangat minim bahkan hilang.

Berita Terkait : Mayoritas Orang Miskin Adalah Pekerja Keras

Hilangnya kasih sayang itulah menjadikan manusia berkarakter “hewani” yang mengedepankan naluri materinya. Semua dilakukan karena pertimbangan materi.

Kecenderungan seperti inilah yang belakangan terinstitusional dengan istilah atau tepanya konsep hidup materialisme. Materialisme inilah yang saat ini mendominasi dunia dan menjadikannya penuh dengan kebuasan.

Berita Terkait : Rasionalisasi Realita Kehidupan


Manusia saling memangsa, memakan, membunuh tanpa ada rasa kemanusiaan lagi. Berbagai perang yang terjadi jika diteliti lebih dekat semuanya kerena dorongan ketamakan material manusia.
 Selanjutnya